Article Metrics

Abstract view : 99 times

Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta

Surawan Surawan

Abstract

Abstrac: Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo, Bantul Yogyakarta dengan subjek sebanyak 22. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (80,00%), siklus III (92,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PAKEM dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah Sumbermulyo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

 

Keywords: PAKEM, Motivasi, Prestasi  Belajar, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References

Ainak, R. (2009). Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran, Ngaglik, Sleman. Unpublished Paper. Yogyakarta: UIN [Universitas Islam Negeri] Sunan Kalijaga.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azhar, L.M. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Djamarah, S.B. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta (cet ke-3).

Fahmi, Z. (2013). Indikator pembelajaran aktif dalam konteks Pengimplementasian pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Al-Ta lim Journal, 20(1), 278-284.

Sardiman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sumartono, T. (2013). Penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli (Studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Singgahan Tuban). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2).

Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Syah, Muhiddin 2017. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, M.U. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter