Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta

Authors

Surawan Surawan

DOI:

10.29303/jcar.v1i1.239

Published:

2019-02-21

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2019)

Articles

Downloads

How to Cite

Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29–30. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.239

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Abstrac: Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo, Bantul Yogyakarta dengan subjek sebanyak 22. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (80,00%), siklus III (92,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PAKEM dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah Sumbermulyo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

 

Keywords: PAKEM, Motivasi, Prestasi  Belajar, Pendidikan Agama Islam

References

Ainak, R. (2009). Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran, Ngaglik, Sleman. Unpublished Paper. Yogyakarta: UIN [Universitas Islam Negeri] Sunan Kalijaga.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azhar, L.M. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Djamarah, S.B. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta (cet ke-3).

Fahmi, Z. (2013). Indikator pembelajaran aktif dalam konteks Pengimplementasian pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Al-Ta lim Journal, 20(1), 278-284.

Sardiman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sumartono, T. (2013). Penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli (Studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Singgahan Tuban). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2).

Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Syah, Muhiddin 2017. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, M.U. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Author Biography

Surawan Surawan, IAIN Palangka Raya

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).