Article Metrics

Abstract view : 87 times

Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas VI SDN 16 Mataram Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Portofolio

Mubassyiratul Uyuni

Abstract

Abstrak: Upaya meningkatkan keaktifan dan kemampuan kerjasama pada siswa kelas VI SDN 16 Mataram melalui penerapan strategi pembelajaran portofolio merupakan permasalahan dari penelitian ini. Tujuannya adalah 1) Menemukan upaya peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Pkn di kelas VI SDN 16 Mataram melalui implementasi strategi pembelajaran portofolio. 2) Menemukan upaya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pembelajaran PKn melalui implementasi strategi pembelajaran portofolio di kelas VI SDN 16 Mataram. 3) Menemukan upaya peningkatan keterampilan kerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok yang tercermin dari produk hasil pemecahan masalah pada mata pelajaran PKn melalui implementasi strategi pembelajaran portofolio. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 16 Mataram dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan merefleksi hasil pengamatan dan tingkat penguasaan kompetensi dasar yang dijabarkan menjadi indicator pencapaian hasil belajar oleh siswa selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran portofolio dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan kerjasama siswa kelas VI semester 1 SDN 16 Mataram pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diperlihatkan dengan kemampuan sebagian besar siswa dalam mengajukan pertanyaan, memberikan respon, mengajukan pendapat/ide/gaagsan, mencari informasi/mengumpulkan data, serta membuat portofolio dokumen dan portofolio tayangan dengan kerjasama yang intens, baik antar anggota kelompok maupun antar kelompok dengan kualitas yang baik.

 

Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Kemampuan Kerjasama Siswa, Strategi Pembelajaran Fortopolio

Full Text:

PDF

References

Azra. Azzumardi. (2003). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta. Prenada media.

Depdiknas RI. (2006). Kurikulum PKn SD. Jakarta. Depdiknas RI

Winataputra. Udin S. (2003). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992.The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter