Article Metrics

Abstract view : 144 times

Implementasi Metode the Student Group Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

I Wayan Pica Parthayasa

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode The Student Group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Mataram. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data prestasi belajar siswa kemudian dibandingkan dari nilai yang diproleh siswa dari refleksi awal, siklus I, dan siklus II. Dari nilai refleksi awal, nilai siklus I, nilai siklus II dibandingkan, dan dihitung peningkatanya untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran the Student Group. Nilai KKM pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti adalah 77. Apabila hasil post test yang diproleh masih berada di bawah nilai KKM maka masih perlu diadakan perbaikan, sedangkan apabila hasil post test yang diperoleh di atas nilai KKM, maka pembelajaran The Student Group perlu dilanjutkan dan disempurnakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran The Student group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Mataram pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti yang dibuktikan dengan motivasi kelas berturut-turut 79,89 berkatagori” baik” pada siklus I dan 86,76 berkatagori ”amat baik” pada siklus II. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi belajar sebesar 6,87 dari siklus I ke siklus II.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode The Student Group

Full Text:

PDF

References

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Erwinsyah, A. 2017. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5(2).

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Hamzah, B.Uno. 2011. Model pembelajaran (menciptakan proses belajar yang kreatif dan efektif). Jakarta. PT.Bumi Aksara.

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992.The Action Research Planner. Australia. Deakin University Pres.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter