Article Metrics

Abstract view : 113 times

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Harwini Harwini

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi system saraf dan alat indera manusia menggunakan kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IXE SMPN 1 Pringgarata tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas, penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pringgarrata pada semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2017/2018, subyek penelitian adalah siswa kelas IXE yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan tes untuk memperoleh hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan membadingkan rata-rata data pada siklus 1 dengan data pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus 2. Peningkatan pada aktivitas siswa terjadi pada keempat kategori yang diamati dengan rata-rata peingkatan sebesar 0,93. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 16,67, diikuti dengan penigkatan ketutasan belajar kelasikal sebesar 46%. Ini menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi system saraf dan alat indera manusia kelas IXE SMPN 1 Pringgarata tahun 2017/2018.

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PMB), kartu bergambar, aktivitas siswa, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Ginting, A. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Hmaniora: Bandung.

Dale, H. Schunk, 2012. Learning Theories an Edukcatioan Perspectiv (Teori-teori Pmbelajaran Perspektif Pendidikan), Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Hamzah, B. Uno. 2007. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.

Taufiq, A. 2010, Inovasi Pedidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana, Jakarta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajara Mengembangkan profesionalisme Guru. Rajawali Pers: Jakarta.

Suharsimi, A. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter