Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Authors

Harwini Harwini

DOI:

10.29303/jcar.v1i2.267

Published:

2019-05-07

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2019)

Articles

Downloads

How to Cite

Harwini, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 48–52. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.267

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi system saraf dan alat indera manusia menggunakan kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IXE SMPN 1 Pringgarata tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas, penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pringgarrata pada semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2017/2018, subyek penelitian adalah siswa kelas IXE yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan tes untuk memperoleh hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan membadingkan rata-rata data pada siklus 1 dengan data pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus 2. Peningkatan pada aktivitas siswa terjadi pada keempat kategori yang diamati dengan rata-rata peingkatan sebesar 0,93. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 16,67, diikuti dengan penigkatan ketutasan belajar kelasikal sebesar 46%. Ini menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi system saraf dan alat indera manusia kelas IXE SMPN 1 Pringgarata tahun 2017/2018.

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PMB), kartu bergambar, aktivitas siswa, hasil belajar.

References

Ginting, A. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Hmaniora: Bandung.

Dale, H. Schunk, 2012. Learning Theories an Edukcatioan Perspectiv (Teori-teori Pmbelajaran Perspektif Pendidikan), Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Hamzah, B. Uno. 2007. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.

Taufiq, A. 2010, Inovasi Pedidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana, Jakarta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajara Mengembangkan profesionalisme Guru. Rajawali Pers: Jakarta.

Suharsimi, A. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Author Biography

Harwini Harwini, SMPN 1 Pringgarata

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).