Article Metrics

Abstract view : 31 times

Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Melalui Kegiatan In House Training (IHT)

Mubassyiratul Uyuni

Abstract

Abstrak: Kemampuan guru SDN 24 Mataram dalam menuyusun soal evaluasi yag baik masih dikatakan rendah. Soal-soal yang disusun guru belum sesuai dengan kaidah penulisan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soalevaluas melalui kegiatan In House Training (IHT). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian dilaksanakan di SDN 24 Mataram pada bulan Agustus sampai bulan September 2018. Subyek penelitian tindakan sekolah ini yaitu guru-guru SDN 24 Mataram dengan jumlah guru sebanyak 11 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan catatan lapangan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, setelah kegiatan IHT terdapat 9 peserta (81,81%) memperoleh kriteria kurang memahami, 2 peserta (18,18%) memperoleh kriteria memahami dan 0% tidak memahami, kategori capaian masuk dalam kategori krang memahami dengan nilai capaian rata-rata 68,64%. Pada siklus II menunjukkan 2 peserta (18.18%) masuk dalam kriteria kurang memahami, 9 peserta (81.81%) mask dalam kriteria memahami dan 0 peserta (0%) tidak memahami, kategori rata-rata capaian masuk dlaam kategori memahami dengan nilai capaian rata-rata 80.90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan walaupun belum 100%.

 

Kata Kunci: Peningkatan kemampuan guru; soal evaluasi; In House Training (IHT)

Full Text:

PDF

References

Astuti, S, Slameto, Dwikurnaningsih, Y,. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalu In House Training. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4(1), hal. 37-47

Nazaruddin. 2017. Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar melalui Workshop di SD Negeri Lamteubee. Serambi Akademica. 5(1).

Osnal, Suhartoni, Imam Wahyudi. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran. 5(1), hal 67-82

Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter