Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Melalui Kegiatan In House Training (IHT)

Authors

Mubassyiratul Uyuni

DOI:

10.29303/jcar.v1i2.268

Published:

2019-08-07

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2019)

Articles

Downloads

How to Cite

Uyuni, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Melalui Kegiatan In House Training (IHT). Journal of Classroom Action Research, 1(2), 61–65. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.268

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Abstrak: Kemampuan guru SDN 24 Mataram dalam menuyusun soal evaluasi yag baik masih dikatakan rendah. Soal-soal yang disusun guru belum sesuai dengan kaidah penulisan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soalevaluas melalui kegiatan In House Training (IHT). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian dilaksanakan di SDN 24 Mataram pada bulan Agustus sampai bulan September 2018. Subyek penelitian tindakan sekolah ini yaitu guru-guru SDN 24 Mataram dengan jumlah guru sebanyak 11 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan catatan lapangan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, setelah kegiatan IHT terdapat 9 peserta (81,81%) memperoleh kriteria kurang memahami, 2 peserta (18,18%) memperoleh kriteria memahami dan 0% tidak memahami, kategori capaian masuk dalam kategori krang memahami dengan nilai capaian rata-rata 68,64%. Pada siklus II menunjukkan 2 peserta (18.18%) masuk dalam kriteria kurang memahami, 9 peserta (81.81%) mask dalam kriteria memahami dan 0 peserta (0%) tidak memahami, kategori rata-rata capaian masuk dlaam kategori memahami dengan nilai capaian rata-rata 80.90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan walaupun belum 100%.

 

Kata Kunci: Peningkatan kemampuan guru; soal evaluasi; In House Training (IHT)

References

Astuti, S, Slameto, Dwikurnaningsih, Y,. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalu In House Training. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4(1), hal. 37-47

Nazaruddin. 2017. Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar melalui Workshop di SD Negeri Lamteubee. Serambi Akademica. 5(1).

Osnal, Suhartoni, Imam Wahyudi. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran. 5(1), hal 67-82

Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Author Biography

Mubassyiratul Uyuni, Sekolah Dasar Negeri 16 Mataram, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).