Peningkatan Kinerja Guru Kimia dalam Melaksanakan Pembelajaran Yang Efektif Melalui Supervisi Klinis Upaya Meningkatkan Mutu Di SMA Lombok Tengah

Authors

Bambang Nurcahyono

DOI:

10.29303/jcar.v1i2.276

Published:

2019-08-28

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2019)

Articles

Downloads

How to Cite

Nurcahyono, B. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Kimia dalam Melaksanakan Pembelajaran Yang Efektif Melalui Supervisi Klinis Upaya Meningkatkan Mutu Di SMA Lombok Tengah. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 77–83. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.276

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif melalui supervisi klinis dalam upaya peningkatan mutu SMA di Lombok Tengah tahun pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kepengawasan (PTKp) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian dilakukan di 18 SMA Negeri Kabupaten Lombok Tengah dalam bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Oktober 2018 pada semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Subjek penelitian ini adalah guru binaan mata pelajaran kimia sebanyak 32 orang yang tersebar di SMA Lombok Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif untuk menghitung besarnya peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif di sekolah dan kualitatif untuk memberikan gambaran hasil penelitian secara reduksi data, sajian deskriptif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ialah terjadi peningkatan Kompetensi setelah diberi pembinaan melalui Supervisi klinis yaitu (1) Dari sebelum pembinaan (Siklus I) dan setelah pembinaan oleh pengawas sampai dengan (Siklus II)  70,00% menjadi  77,44%.; (2) Dari Pembinaan pada Siklus II dan setelah pembinaan melalui Supervisi klinis (Siklus III) 77,44% menjadi 82,44%; (3) Rata-rata  kinerja guru sebelum diberi pembinaan 40,63% naik menjadi  100%.; (4) Pembinaan Pengawas dalam upaya meningkatkan  kinerja guru-guru binaan mata pelajaran kimia dalam melaksanakan Pembelajaran Yang Efektif  melalui Supervisi klinis menunjukan peningkatan pada setiap siklus; (5) Aktivitas dalam kegiatan pembinaan  bahwa guru-guru binaan mata pelajaran kimia dapat meningkatkan kinerja pada proses pelaksanaan Pembelajaran Yang Efektif dengan baik dalam setiap aspek; (6) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan peran dan fungsinya menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan Supervisi klinis bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat.

 

Kata Kunci: Peningkatan Kinerja Guru, Pembelajaran Efektif, Supevisi Klinis

References

Ace. S & Tilaar, H.A.R. 1994. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amani, L., Dantes, N. & Lasmawan, W. 2013. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran Pada Guru SD se-Gugus VII Kecamatan Sawan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1).

Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka.

Jerry, M. 2013. Supervisi Klinis Teori & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992.The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Author Biography

Bambang Nurcahyono, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan UPTD. Layanan Dikmen & PK-PLK Lombok Tengah

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).