Article Metrics

Abstract view : 27 times

Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Guru Binaan Di SMA Lombok Tengah dalam Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative learning Berbantuan Bimbingan Supervisi Akademik Pengawas

Bambang Nurcahyono

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan ini bertujuan mengetahui upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru binaan di SMA Lombok Tengah dalam menerapkan model pembelajaran cooperative learning berbantuan bimbingan supervisi akademik pengawas tahun pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kepengawasan (PTKp) yang dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian adanya peningkatan pemahaman guru binaan tentang pendekatan model pembelajaran cooperative learning sekitar 28%, adanya peningkatan keterampilan guru binaan dalam pembuatan rencana pembelajaran. Skor pencapaian nilai RPP pada siklus 3 meningkat dari 79,42 menjadi 91,37, dan adanya peningkatan  aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang cukup berarti. Penelitian tindakan kepengawasan dapat disimpulkan bahwa berbantuan bimbingan supervisi akademik Pengawas Sekolah memiliki efektif dalam: a) meningkatkan pemahaman guru binaan dalam menerapkan model pembelajaran cooperative learning; b) meningkatkan keterampilan guru binaan dalam menerapkan model pembelajaran cooperative learning.

 

Kata kunci: Kemampuan, Keterampilan, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Supervisi Akademik

Full Text:

PDF

References

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992.The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004; Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan.

Tambak, S. 2017. Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Hikmah, 14(1).

Usman, N. 2007. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Mutiara Ilmu

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter