Article Metrics

Abstract view : 16 times

Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Sulastri Pebri Utami

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media gambar siswa kelas III SDN 1 Midang tahun pelajaran 2014/2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau disingkat PTK. Penelitian Tindakan Kelas Meliputi empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 17 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Midang tahun pelajaran 2014/2015 yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 70 menjadi 78.93 pada ke siklus II. Demikian juga dengan ketuntasan klasikal matematika siswa dari 78,5% menjadi  82,14% sehingga penelitian sudah dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai ketuntasan yang diharapkan. 2) Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh rata-rata aktivitas siswa yang sebelumnya 75 % dengan katagori aktif menjadi 87,5% dengan katagori sangat aktif.

 

Kata kunci: Media Gambar; Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, K. 2001. Active Learning. Yogyakarta: Yappendis

Mulyono, A. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rahmawati. 2014. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Diri Sendiri Pada Siswa Kelas I Sdn Ketemasdungus Mojokerto. JPGSD. 2(3). Pp. 1-6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter