Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram pada materi sumber sejarah dan tahapan penelitian sejarah dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ). Penerapan pembelajaran Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ) ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua siklus). setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklis I dari tanggalan 2 Agustus 2018 sampai 16 Agustus 2018 dan siklus II dari tanggal 23 Agustus 2018 sampai 6 September 2018. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51% siswa mendapat nilai 75 Karena pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belaja yang diisyaratkan yaitu 85% siswa mendapatkan nilai 7,5, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II, sebesar 93 % yang artinya ketuntasan belajar sudah tercapai dan hasil belajar mengalami peningkatan, disimpulkan dengan penerapan pembelajaran Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ) dapat meningkatkan hasill belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran sejarah.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif , Insede Outside Circle ( IOC ), peningkatan hasil belajar, Sumber sejarah dan Tahapan penelitian sejarah
Full Text:
PDFReferences
Wardani. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional
Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Corbin, J & Strauss, A. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Tekni-teknik Teorisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kuncoro, M. 2007. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta
Margono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Berliner & Gage. 1984. Educational Psychology. 3rd edition. Houghton Mifflin Company. All right reserved.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud. 1992. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Univeristas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.