Article Metrics

Abstract view : 24 times

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa

Ni Wayan Sri Kastining

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan  hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram pada materi sumber sejarah dan tahapan penelitian sejarah dengan menerapkan  pembelajaran  Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ).  Penerapan pembelajaran Kooperatif  tife Insede Outside Circle ( IOC ) ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga  hasil belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua siklus).  setiap siklus  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklis I dari tanggalan 2 Agustus 2018 sampai 16 Agustus 2018 dan siklus II dari tanggal 23 Agustus 2018 sampai 6 September 2018. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51% siswa mendapat nilai 75 Karena pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belaja yang diisyaratkan yaitu 85% siswa mendapatkan nilai 7,5, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II,  sebesar 93 %  yang artinya ketuntasan belajar sudah tercapai dan hasil belajar mengalami peningkatan, disimpulkan dengan penerapan  pembelajaran Kooperatif  tife Insede Outside Circle    ( IOC )  dapat meningkatkan  hasill belajar  siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran sejarah.

Kata Kunci: Pembelajaran  Kooperatif ,  Insede Outside Circle ( IOC ), peningkatan  hasil belajar, Sumber sejarah dan Tahapan penelitian sejarah

Full Text:

PDF

References

Wardani. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo

Corbin, J & Strauss, A. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Tekni-teknik Teorisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuncoro, M. 2007. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta

Margono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Berliner & Gage. 1984. Educational Psychology. 3rd edition. Houghton Mifflin Company. All right reserved.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdikbud. 1992. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Univeristas Terbuka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter