Article Metrics

Abstract view : 32 times

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Quching

Muhammad Multazam

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X-MIPA-2 SMA Negeri 4 Praya dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching (Quching) pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada tiap siklus. Pada siklus I, pembelajaran siswa belum berjalan dengan baik sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu 66,12 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 15 orang dan rata-rata aktivitas yang diperoleh seluruh siswa adalah 48,10%. Hal ini disebabkan karena guru belum sepenuhnya menguasai model pembelajaran. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar 77,2 dan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 61,66% dan dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 18 orang. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar 81,00 dan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 73,56% dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 29 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan nilai hasil belajar fisika dan aktivitas siswa di kelas X-MIPA-2.

Keywords

Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Quantum Teaching.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

De Porter, B. dan Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, N.L.E.S., dan Perdata, I.B.K. 2014. Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran QT dengan Kerangka TANDUR dalam Pembelajaran Bangun Segi Empat Pada Siswa Kelas VII C SMP Pancasila Canggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4 (1): 87-97

Kurniasih, S. (2014). Strategi–Strategi Pembelajaran: Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Buku Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter