Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Quching

Authors

Muhammad Multazam

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.399

Published:

2020-02-27

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Quantum Teaching.

Articles

Downloads

How to Cite

Multazam, M. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Quching. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.399

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X-MIPA-2 SMA Negeri 4 Praya dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching (Quching) pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada tiap siklus. Pada siklus I, pembelajaran siswa belum berjalan dengan baik sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu 66,12 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 15 orang dan rata-rata aktivitas yang diperoleh seluruh siswa adalah 48,10%. Hal ini disebabkan karena guru belum sepenuhnya menguasai model pembelajaran. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar 77,2 dan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 61,66% dan dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 18 orang. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar 81,00 dan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 73,56% dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 29 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan nilai hasil belajar fisika dan aktivitas siswa di kelas X-MIPA-2.

References

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

De Porter, B. dan Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, N.L.E.S., dan Perdata, I.B.K. 2014. Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran QT dengan Kerangka TANDUR dalam Pembelajaran Bangun Segi Empat Pada Siswa Kelas VII C SMP Pancasila Canggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4 (1): 87-97

Kurniasih, S. (2014). Strategi–Strategi Pembelajaran: Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Buku Aksara.

Author Biography

Muhammad Multazam, Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).