Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT)

Authors

Moh Taoefik

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.402

Published:

2020-02-27

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Keywords:

Kooperatif, Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Matriks.

Articles

Downloads

Additional Files

How to Cite

Taoefik, M. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Journal of Classroom Action Research, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.402

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran tipe NHT ini dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, selain itu juga melatih siswa untuk saling bekerja sama, saling berkomunikasi dan saling membantu dalam memahami suatu permasalahan. Desain penelitian ini menggunakan 2 Siklus, dilaksanakan di SMAN 2 Narmada Lombok Barat pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA-2 yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan tes untuk memperoleh hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan membadingkan rata-rata data pada siklus 1 dengan data pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran tipe NHT ini dapat meningkat aktifitas belajar siswa, persentase keaktifan siswa meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 79,17%  pada siklus II. Demikian juga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 78,60 pada siklus I menjadi 88,60 pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran tipe NHT ini hampir semua menyatakan sangat setuju karena dianggap mudah dipahami, menyenangkan dan dapat digunakan untuk pembelajaran selanjutnya.

References

Arikunto S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Nasution, S. (1982). Didaktik Azas-azas Mengajar. Jemmars: Bandung

Pusat Pengembangan Kurikulum. (2004). Kurikulum 2004 SMA Pedoman Khusus Pelajaran Matematika. Depdiknas: Jakarta

Sugiarti, T. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung

Tim Pelatihan Proyek PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud, Jakarta Http://www.epsilon.com

Author Biography

Moh Taoefik, Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Narmada Lombok Barat

SMAN 2 Narmada Guru Matematika

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).