Article Metrics

Abstract view : 28 times

Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan LKS Siswa

Mokhammad Kholiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran materi trigonometri bagi siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA-1 Semester 2 SMA Negeri 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa putra dan 15 siswa putri. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes formatif, lembar observasi kegiatan siswa, dan angket refleksi terhadap pembelajaran. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 70% hasil belajar siswa sudah mencapai sekurang-kurangnya 62. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 rata-rata kelasnya mencapai 63.85, siswa yang tuntas sebanyak 25 anak (64,11%) dan yang tidak tuntas sebanyak 14 anak (35,89%) dengan nilai tertinggi 90,00 dan nilai terendah 40,00. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk prosentasi ketuntasan masih dibawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 70.09, siswa yang tuntas sebanyak 30 anak (76,92%) dan yang tidak tuntas sebanyak 9 anak (23,08%) dengan nilai tertinggi 93,33 dan nilai terendah 43,33. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar materi Trigonometri bagi siswa kelas X-MIPA-1 Semester 2 SMA Negeri 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018.

Keywords

Efektivitas pembelajaran; Trigonometri; Penemuan Terbimbing berbantuan LKS

Full Text:

PDF

References

Darmojo, dan Kaligis. (1991). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sutarto, H. (2003). Paradigma Baru Pendidikan Matematika, Makalah disajikan pada pertemuan Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, di Rantau Kabupaten Tapin, 30 April 2003

Kanginan, M. (2004). Matematika untuk SMA kelas I semester 2. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Lestariningsih, B. (2007). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Grabag Kab. Magelang pokok bahasan trigonometri melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS: Skripsi, Semarang, UNESA.

Setiawan. (2004). Pembelajaran Trigonometri berorientasi PAKEM di SMA. Jogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional. P3G Matematika.

Yuningsih, A. (2006). Analisis LKS Biologi SMP Kelas II Semeter I Yang Digunakan SMP Negeri Di Kota Semarang’. Skripsi. Semarang: UNNES.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter