Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Y. & B. Setiawan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendeka¬tan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1): 88-92.
Budiyono, A & Hartini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2): 141-149. Tersedia di http://jurnal.uim.ac.id [diakses 7-10-2017].
Hussain, A., M. Azeem, & A. Shakoor. 2011. Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal of Humanities and Social Science, 1(19): 269-276.
Purwanto, A. 2012. Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, 10 (2): 133-135.
Rodiyana, R. 2015. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1): 34-43. Tersedia di http://jurnal.unma.ac.id [diakses 7-10-2017].
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Simbolon, D.H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3): 299-315. Tersedia di http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/ [diakses 7-10-2017].
Sochibin, A., P. Dwijananti, & P.Marwoto. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(): 96-101. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id [diakses 7-10-2017].
Suryadi, Bambang. 2016. BSNP dan Balitbang Lakukan Harmonisasi Empat Standar Acuan Revisi Kurikulum 2013. BSNP, Juni. Hlm. 13-4.
Usrotin, D., Wiyanto, & S.E. Nugroho. 2013. Penerapan Pembelajaran Melalui Kegiatan Laboratorium Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berkomunikasi, dan Bekerjasama. Unnes Physics Education Journal, 2(3): 68-73.
Yudanto, M.A.F., Sarwi, & Mosik. 2013. Penerapan Model Active Learning Melalui Eksperimen Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Physics Education Journal, 2(3): 25-30
DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.