Pelatihan Lari Lompat Rintangan Setinggi 50 cm Lima Repetisi Tiga Set dalam Meningkatkan Jarak Lompatan Nomor Lompat

Authors

Muhammad Ridwan

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.407

Published:

2020-02-29

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Keywords:

Lari lompat rintangan setinggi 50 cm, Jarak lompatan, Siswa

Articles

Downloads

How to Cite

Ridwan, M. (2020). Pelatihan Lari Lompat Rintangan Setinggi 50 cm Lima Repetisi Tiga Set dalam Meningkatkan Jarak Lompatan Nomor Lompat. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.407

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pelatihan lari lompat rintangan setinggi 50 cm lima repetisi tiga set dapat meningkatkan jarak lompatan nomor lompat jauh pada siswa putra kelas X SMAN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini prosedur penelitian berupa pengajaran atau pelatihan dilapangan. Jenis penelitian  yang akan digunakan adalah jenis penelitian guru sebagai peneliti yaitu guru mencobakan berbagai teknik dalam pembelajaran dalam aspek reaksi dan refleksi pada permasalahan yang akan diteliti pada siswa. Instrumen dalam penelitian PTK ini adalah tes unjuk kerja menggunakan lembar observasi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 69,56 dengan persentase ketuntasan sebesar 32,36%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 73,39 dan persentase ketuntasan sebesar 64,52%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Pada siklus II nilai rata-rata lompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 77,22 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,32%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pelatihan lari lompat rintangan setinggi 50 cm lima repetisi tiga set dapat meningkatkan jarak lompatan nomor lompat. Hal ini ditunjukkan dengan seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 71.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, C.H. (2000). Metode Latihan Lompat Jauh. Journal Iptek Olahraga. 2(1).

Bernard, A. (2010). Asthma and swimming: weighing the benefits and the risks. Journal de pediatria. 86: 171-82.

Bresnick, S. (2002). Intisari Fisika. Jakarta: Hipokrates.

Kasihani, K. (2008). Pengajaran Puisi Sebuah Penilitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Linthorne, N. (2003). Standing Long–Jump. [cited 2010 Mei 10]. Available from http://www.brunel.ac.uk/~spstnpl/biomechanics/standing long jump. Htm.

Mackenzie, B. (2005). 101 Evaluation Test. Electric World plc. London

Nala, N. (2011). Kumpulan Tulisan Olahraga. Denpasar: Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Bali.

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Yudha. (2013). Pengaruh Modifikasi Pembelajaran Dengan Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Tersedia Online. http://ejournal.unesa.ac.id/data/journal/68/articles/2821/public/2821-4883-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 29 Juli 2015 pukul 02.09 WITA

Author Biography

Muhammad Ridwan, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mataram, Kota Mataram

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).