Article Metrics

Abstract view : 17 times

Pelatihan Lari Lompat Rintangan Setinggi 50 cm Lima Repetisi Tiga Set dalam Meningkatkan Jarak Lompatan Nomor Lompat

Muhammad Ridwan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pelatihan lari lompat rintangan setinggi 50 cm lima repetisi tiga set dapat meningkatkan jarak lompatan nomor lompat jauh pada siswa putra kelas X SMAN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini prosedur penelitian berupa pengajaran atau pelatihan dilapangan. Jenis penelitian  yang akan digunakan adalah jenis penelitian guru sebagai peneliti yaitu guru mencobakan berbagai teknik dalam pembelajaran dalam aspek reaksi dan refleksi pada permasalahan yang akan diteliti pada siswa. Instrumen dalam penelitian PTK ini adalah tes unjuk kerja menggunakan lembar observasi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 69,56 dengan persentase ketuntasan sebesar 32,36%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 73,39 dan persentase ketuntasan sebesar 64,52%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Pada siklus II nilai rata-rata lompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 77,22 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,32%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pelatihan lari lompat rintangan setinggi 50 cm lima repetisi tiga set dapat meningkatkan jarak lompatan nomor lompat. Hal ini ditunjukkan dengan seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 71.

Keywords

Lari lompat rintangan setinggi 50 cm; Jarak lompatan; Siswa

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, C.H. (2000). Metode Latihan Lompat Jauh. Journal Iptek Olahraga. 2(1).

Bernard, A. (2010). Asthma and swimming: weighing the benefits and the risks. Journal de pediatria. 86: 171-82.

Bresnick, S. (2002). Intisari Fisika. Jakarta: Hipokrates.

Kasihani, K. (2008). Pengajaran Puisi Sebuah Penilitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Linthorne, N. (2003). Standing Long–Jump. [cited 2010 Mei 10]. Available from http://www.brunel.ac.uk/~spstnpl/biomechanics/standing long jump. Htm.

Mackenzie, B. (2005). 101 Evaluation Test. Electric World plc. London

Nala, N. (2011). Kumpulan Tulisan Olahraga. Denpasar: Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Bali.

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Yudha. (2013). Pengaruh Modifikasi Pembelajaran Dengan Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Tersedia Online. http://ejournal.unesa.ac.id/data/journal/68/articles/2821/public/2821-4883-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 29 Juli 2015 pukul 02.09 WITA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter