Article Metrics

Abstract view : 0 times

Penggunaan Bahan Ajar IPA berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Fitran Sari

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan berbasis SAVI (somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada kelas VII-1 semester genap tahun pelajaran 2016/2017 materi organisasi tingkat kehidupan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Tanggart terdiri 3 siklus. Adapun tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), Tindakan (Action), Observasi (observation) dan refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII-1 berjumlah 26 orang. Adapun hasil penelitian Tindakan Kelas menunjukkan peningkatan setiap siklus. Siklus I memperoleh  rata-rata skor  peserta didik 25, aktivitas pendidik 77 % ketuntasan secara klasikal 0%, siklus II rata-rata skor  51, aktivitas pendidik 86 %, ketuntasan secara klasikal 41,6%, siklus III rata-rata skor  peserta didik 72, aktivitas pendidik 91%  dan kekuntasan secara klasikal 71%. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penggunaan bahan ajar IPA berbasis pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Bahan ajar; SAVI; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Abdul Rasid, J., & Hasmah, I. (2013). Pelaksanaan pembelajaran menyeronokkan dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Melayu (the implementation fun learning in teaching and learning malay language). JPBMMalay Language Education Journal – MyLEJ, 3(2), 49–63. https://doi.org/10.1016/j.cccn.2005.06.018

Idaramatasia. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan. 4(1), 89–105.

Khoiruddin, M. A. (2017). Pendekatan Psikologi Dalam Studi Islam. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.33367/psi.v2i1.343

Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Munandar, H., Yusrizal, Y., & Mustanir, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 27–37.

stefany, evy maya. (2016). Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual (SAVI): Implementasi Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di SMP. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.21107/EDUTIC.V1I2.1542

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Journal UIN- Alauddin, V(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter