Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan STEM dalam Upaya Meningkat Kemampuan Menyusun Program CNC Pada Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Mataram
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelita, T., Suhery, T., & Ibrahim, A.R. (2017). Pengembangan Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan STEM – Problem Based Learning pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2).
Afifah, R., & Ellianawati. (2019). Student Cognitive Profile with STEM Based Teaching Material on the Subject of Vibrations and Waves. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 5(2).
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, F. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2): 202 - 212
Agustina, D., Kaniawati, I., & Suwarma, I.R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Control Of Variable Siswa SMP pada Hukum Pascal. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2017, VI(Oktober).
Ariani, L., Sudarmin, % Nurhayati, S. (2019). Analisis Berpikir Kreatif pada Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan STEM. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1): 2307 – 2317
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Astuti, I.D, & Yulisma L. (2019). Model Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi p-ISSN 1907-3089, e-ISSN2651-5869
GSK Control Systam (2014). GSK928TEa Turning CNC System User Manual. GuangZou: GSK Ltd.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD. 5(2).
Laboy-Rush, D. 2010. Integrated STEM Education through Project-Based Learning. Diakses melalui https://docplayer.net/5787795-Integrated-stem-education-through-project-based-learning.html
Lestari, D.A, Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4(2).
Muthi’ik, I.I, Abdurrahman, & Rosidin, U. (2018). The Effectiveness of Applying STEM Approach to SelfEfficacy and Student Learning Outcomes for Teaching Newton’s Law. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 4(1).
Rahmiza, S., Adlim, & Mursal. (2015). Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Beutong pada Materi Induksi Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1).
Sukmaganti, O.P., Yulianti, D., & Sugianto. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Unnes Physics Education Journal, 9 (1)
Sumardiana, Hidayat, A., & Parno. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan, 4(7): 874—879
Susanti, L.Y, & Hasanah, R. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK/SMA pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) 6(2): 32-40
Twiningsih, A.T. (2020). Improving Student Learning Outcomes through Stem-Based Magic Box Medium in The Concept of Addition Theory. International Journal of Research in STEM Education (IJRSE). 2(1): 79-90
Utami, I.S., Septiyanto, R.F., & Wibowo, F.C. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuN. Volume 06 (1): 67-73 P-
Winarni, J., Zubaidah, S., Supriyono, K.H. (2016). STEM : Apa, Mengapa, dan Bagaimana?. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 1(2016). ISBN: 978-602-9286-21-2.
DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v2i2.465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.