Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan STEM dalam Upaya Meningkat Kemampuan Menyusun Program CNC Pada Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Mataram

Authors

Anwar Muhaimin

DOI:

10.29303/jcar.v2i2.465

Published:

2020-10-13

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2020)

Keywords:

kemampuan menyusun program CNC, project based learning, STEM

Articles

Downloads

How to Cite

Muhaimin, A. (2020). Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan STEM dalam Upaya Meningkat Kemampuan Menyusun Program CNC Pada Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 2(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v2i2.465

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based earning dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan kemampuan siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Mataram dalam menyusun program CNC pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan tiga siklus. Pengukuran kemampuan menyusun program CNC menggunakan  empat yaitu kemampuan menyusun kepala program, kemampuan menyusun parameter-parameter pemrograman, kemampuan menyusun kode G dan kode M, dan kemampuan menyusun addres-address pemrograman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator menyusun kepala program terdapat 100% siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar baik pada siklus pra tindakan, siklus I maupun siklus II. Pada indikator menyusun parameter-parameter pemrograman, siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar terdapat 50 % pada siklus pra tindakan, 70% pada siklus I, dan 95% pada siklus II. Pada indikator menyusun kode G dan kode M, siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar terdapat 15 % pada siklus pra tindakan, 65 % pada siklus I, dan 82% pada siklus II.  Pada indikator menyusun address-address pemrograman, siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar terdapat 0 % pada siklus pra tindakan, 55 % pada siklus I, dan 80% pada siklus II

References

Adelita, T., Suhery, T., & Ibrahim, A.R. (2017). Pengembangan Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan STEM – Problem Based Learning pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2).

Afifah, R., & Ellianawati. (2019). Student Cognitive Profile with STEM Based Teaching Material on the Subject of Vibrations and Waves. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 5(2).

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, F. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2): 202 - 212

Agustina, D., Kaniawati, I., & Suwarma, I.R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Control Of Variable Siswa SMP pada Hukum Pascal. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2017, VI(Oktober).

Ariani, L., Sudarmin, % Nurhayati, S. (2019). Analisis Berpikir Kreatif pada Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan STEM. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1): 2307 – 2317

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, I.D, & Yulisma L. (2019). Model Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi p-ISSN 1907-3089, e-ISSN2651-5869

GSK Control Systam (2014). GSK928TEa Turning CNC System User Manual. GuangZou: GSK Ltd.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD. 5(2).

Laboy-Rush, D. 2010. Integrated STEM Education through Project-Based Learning. Diakses melalui https://docplayer.net/5787795-Integrated-stem-education-through-project-based-learning.html

Lestari, D.A, Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4(2).

Muthi’ik, I.I, Abdurrahman, & Rosidin, U. (2018). The Effectiveness of Applying STEM Approach to SelfEfficacy and Student Learning Outcomes for Teaching Newton’s Law. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 4(1).

Rahmiza, S., Adlim, & Mursal. (2015). Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Beutong pada Materi Induksi Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1).

Sukmaganti, O.P., Yulianti, D., & Sugianto. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Unnes Physics Education Journal, 9 (1)

Sumardiana, Hidayat, A., & Parno. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan, 4(7): 874—879

Susanti, L.Y, & Hasanah, R. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK/SMA pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) 6(2): 32-40

Twiningsih, A.T. (2020). Improving Student Learning Outcomes through Stem-Based Magic Box Medium in The Concept of Addition Theory. International Journal of Research in STEM Education (IJRSE). 2(1): 79-90

Utami, I.S., Septiyanto, R.F., & Wibowo, F.C. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuN. Volume 06 (1): 67-73 P-

Winarni, J., Zubaidah, S., Supriyono, K.H. (2016). STEM : Apa, Mengapa, dan Bagaimana?. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 1(2016). ISBN: 978-602-9286-21-2.

Author Biography

Anwar Muhaimin, SMK Negeri 3 Mataram, Nusa Tenggara Barat

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).