Pelatihan Program Parenting untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018

Autor(s): Fahruddin Fahruddin, Baiq Nilawati Astini
DOI: 10.29303/jpmpi.v1i1.206

Sari

Abstrak: Pendidikan anak usia dini sangat penting artinya untuk perkembangan anak selanjutnya, sehingga pelatihan program parenting untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD dibutuhkan kompetensi guru profesional meliputi kemampuan guru mengenal peserta didik yang dilayaninya secara mendalam. Tujuan yang ditargetkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Terbangunnya pengetahuan dan pemahaman guru atau pendidik PAUD pentingnya program parenting di sekolah, meningkatnya keterampilan guru atau pendidik PAUD dalam mengembangkan program parenting di sekolah/PAUD, tersusunnya program parenting di sekolah masing-masing sesuai dengan kondisi dan terimplementasikannya program parenting di sekolah/PAUD di sekolah masing-masing Untuk itu dalam mewujudkan kegiatan tersebut perlu untuk dilakukan dengan memberikan pelatihan mengenai program pengasuhan/parenting kepada guru-guru PAUD/TK di-kota mataram. Dalam pelatihan itu akan diberikan pengetahuan secara teoritis dan praktis. Pengetahuan teoritis berkenaan dengan gambaran umum tentang strategi belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan parenting tanpa memperhatikan perbedaan bidang ilmu yang digelutinya. Sedangkan kegiatan praktisnya akan dilaksanakan dengan pemberian tugas latihan kepada peserta sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Dalam kegiatan latihan akan dilakukan pembimbingan oleh anggota tim, sampai pada setiap peserta menghasilkan kegiatan yang menggunakan program parenting.

 

Kata Kunci: Program Parenting, Propesionalisme Guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Armsden, G.C., & Greenberg, M.T. 1987. The inventory of parent and peer attachment: Relationships to well-being in adolescence. Journal of Youth and Adolescence. 5, 427-454.

Ali Nugraha. 2006. Metode Pengembangan Sosial Emosional, Uiversitas Terbuka.

Coleman, M. 2013. Empowering Family-Teacher Partnership Building Connections within Diverse Communities. Los Angeles: Sage Publication.

Fahruddin. 2017. Efektifitas Parenting Dalam Peningkatan Proses Stimulasi Tumbuh Kembang Anak di PAUD/TK kota mataram. Laporan Penelitian PNBP Unram, 2017

Fahruddin & Zulfakar. 2018. Culturally Responsive Teaching Practice In Early Childhood, International Journal of Recent Scientific Research Research. Vol. 9, Issue, 9(E), pp. 28941-28951.

Henderson & Mapp. 2002. National Standards for Parent/Family Involvement Programs

Papalia E& Olds. 2010. Human Development, Boston: McGraw – Hill International Edition.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Patrikakou, E. N. 2008. The Power of Parent Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for Student Success. http://education.praguesummerschools.org/images/education/readings

Santrock W. 1997. Life Span Development, University of Texas – Dallas. Times Mirror Higher Education Group.

Laelatul Fajriah. 2015. Studi tentang Islamic Parenting di Desas Linggapura Kecamatan Tonjong kabopaten Brebes”, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan KAllijaga.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.