Peningkatan Kompetensi Guru IPA Kota Mataram dalam Memfasilitasi Penguasaan Keterampilan Abad Ke 21 Siswa SMP

Autor(s): A Wahab Jufri, Agus Ramdani, Gunawan Gunawan, Imam Bachtiar, Wildan Wildan
DOI: 10.29303/jpmpi.v1i1.207

Sari

Abstrak: Kebanyakan guru IPA di jenjang SMP belum mampu mengintegrasikan unsur-unsur keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran IPA di kelas. Pengalaman dalam berinteraksi dengan guru IPA dan mahasiswa calon guru IPA di pulau Lombok, mengindikasikan bahwa mereka belum memiliki kemampuan yang optimal dalam merancang perangkat pembelajaran maupun instrumen penilaian yang berorientasi pada perkembangan keterampilan abad ke-21 yang seharusnya dikuasai oleh  peserta didik tingkat SMP.  Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dilakukan upaya untuk mem­berdayakan kemampuan guru dalam mengasses hasil belajar IPA siswa terutama yang terkait dengan penguasaan unsur-unsur keterampilan abad ke-21 terutama keterampilan berpikir dan literasi sains. Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) memfasilitasi peningkatan kompetensi guru IPA dalam mengasses hasil belajar peserta didik, dan 2) melatih guru mengembangkan instrumen yang berorientasi pada keterampilan abad ke-21 secara terintegrasi dengan materi pelajaran IPA SMP.  Materi pengabdian pada masyarakat ini diharapkan memberi manfaat dalam membantu meningkatkan kompetensi guru dalam merancang instrumen pembelajaran IPA yang memuat unsur-unsur keterampilan abad ke-21 pada dirinya sendiri dan pada peserta didiknya. Permasalahan yang menjadi fokus pengabdian masyarakat ini adalah terbatasnya kemampuan guru IPA dalam merancang instrumen untuk mengasses penguasaan unsur-usur keterampilan abad ke-21 seperti literasi sains, berpikir kritis, dan kreativitas siswa. Strategi yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini antara lain ialah: (1) melaksanakan  penyuluhan kepada guru-guru IPA SMP di kota Mataram, (2) melaksanakan pelatihan terstruktur untuk merancang instrumen penilaian hasil belajar IPA yang berorientasi pada keterampilan abad ke-21. Luaran yang telah dihasilkan melalui pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1) terlaksananya sosialisasi dan pengembangan pemahaman tentang keterampilan abad ke 21 dan instrumen penialainnya bagi para guru IPA SMP di kota Mataram, 2) terlaksananya pelatihan merancang instrumen hasil belajar IPA yang efektif untuk mengasses penguasaan keterampilan abad ke-21 siswa SMP, 3) tersusunnya artikel hasil pengabdian pada masyarakat yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

 

Kata Kunci: instrumen, hasil belajar, keterampilan abad ke-21

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Depdiknas., 2003a. Kurikulum 2004 SMA, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Umum Departemen Pendidikan Nasional.

Jufri, AW., D. Setiadi, Sripatmi. 2016. Scientific Reasoning Ability of Prospective Student Teacher in the Excellence Program of Mathematics and Science Teacher Education in University of Mataram. Jurnal Pendidikan IPA UNNES, 5 (1), 69 – 74.

Jufri, AW . 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Penerbit Pustaka Reka Cipta. Bandung.

Jufri, AW & D.J. Soelistya. 2010. Efektivitas Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri dengan Strategi Kooperatif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang. No. 17 Volume 2.

OECD, 2012. PISA 2012 Results in Focus. What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. (Online):http//www.oecd.org/pisa/.../pisa-2012-results.htm. Diunduh tanggal 6 Februari 2015.

NEA, 2009. Preparing 21st Century Students for a Global Society, Educator’s Guide to the “Four Cs” Great Public Schools for Every Student.

Ramdani, A., Jufri, A.W., Azizah, A. 2013. Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sains Biologi Berbasis Inkuiri Di Sekolah Menengah Pertama. Universitas Mataram: Kelompok Peneliti Bidang Ilmu “Edubio”.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.