Sosialisasi Peran dan Fungsi Mangrove Pada Masyarakat di Kawasan Gili Sulat Lombok Timur

Penulis

Agil Al Idrus , M. Liwa Ilhamdi , Gito Hadiprayitno , Gde Mertha

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i1.213

Diterbitkan:

2018-12-23

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2018)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Idrus, A. A., Ilhamdi, M. L., Hadiprayitno, G., & Mertha, G. (2018). Sosialisasi Peran dan Fungsi Mangrove Pada Masyarakat di Kawasan Gili Sulat Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.213

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Mangrove merupakan salah satu tumbuhan yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan ekosistem pantai. Saat ini banyak lokasi pantai yang sudah rusak ekosistem mangrovenya, sehingga perlu rehabilitasi mangrove. Peran dan fungsi mangrove bagi lingkungan perlu disoaialisasikan kepada masyarakat sekitar. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk mensosialisasikan peran dan fungsi mangrove di masyarakat sekitar Gili Sulat. Metode yang digunakan adalah pelatihan berupa sosialisasi, diskusi, Tanya jawab.  Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa semua peserta antusias mengikuti kegiatan pengabdian yaitu sosialisasi, diskusi dan Tanya jawan tentang peran dan fungsi mangrove pada masyarakat di kawasan Gili Sulat Lombok Timur. Serangkaian kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah berlangsung dengan kesimpulan sebagai berikut:  semua peserta yang terdiri dari warga masyarakat yang ada di sekitar Gili Sulat Lombok Timur sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan memberikan respon positif selama kegiatan berlangsung.  Tim Pengabdian memaparkan dan memberikan sosialisasi peran dan fungsi mangrove pada masyarakat di sekitar Gili Sulat dan peserta aktif menanyakan hal-hal yang belum jelas dari materi sosialisasi.  Pada akhir kegiatan pengabdian masyarakat mempunyai pengetahuan yang baik tentang peran dan fungsi mangrove sehingga mereka dapat menjaga dan melestarikan ekosistem mangrove di Gili Sulat.

 

Kata Kunci: Peran, fungsi, Mangrove, Gili Sulat

Referensi

Agil, Al- I., Hadiprayitno, G., IL-Hamdi, M.L., dan Gde Mertha, G. 2014, Inventarisasi Flora Dan Fauna Di Kawasan Mangrove Gili Sulat Untuk Pengembangan Bahan Ajar Ekologi Dan Penunjang Ekowisata NTB, Laporan Penelitian Universitas Mataran, Mataram.

Agil-Al, I., Hadiprayitno, G., Mertha, I.G., dan Il- Hamdi, M.L. 2015. Potensi Vegetasi dan Arthropoda di Kawasan Mangrove Gili Sulat Lombok Timur. Jurnal Bioogi Tropis, 15 (2): 183-196

Arief. 2007. Hutan Mangrove, Fungsi dan Manfaatnya, Kanisius, Yogyakarta.

Khairuddin, Yamin, M. dan Syukur, A. 2018. Analisis Kandungnan Logam Berat pada Tumbuhan Mangrove Sebagai Bioindikator di Teluk Bima. Jurnal Biologi Tropis, 18 (1): 6-79.

Kristanti, R. A, Mursidi dan Sarwono, 2007. Kandungan Beberapa Logam Berat Pada Bakau (Rhizophora Apiculata) di Perairan Bontang Selatan, Kalimantan Timur. Jurnal Kehutanan Unmul: 3 (2): 16-22

Oktober 2007.Nur, M., Nasruddin, Wasiq, J., & Sumariyah. 2013. Penerapan Teknologi Plasma untuk Mempercepat Persemaian Mangrove sebagai Upaya Rehabilitasi Green Belt untuk Mengatasi Abrasi. Riptek Vol. 7 (1): 15 – 26.

Nybakken, J.W. 1993. Marine Biology: An Ecological Approach. Terjemahan Dr. M. Eidman. Gramedia Jakarta.

Santoso, N. 2000. Pola Pengawasan Ekosistem Mangrove. Makalah disampaikan pada Lokakarya Nasional Pengembangan Sistem Pengawasan Ekosistem Laut Tahun 2000. Jakarta, Indonesia.

Tahmid, M., Fahrudin, A., dan Wardiatno, Y. 2015. Kajian Struktur Ukuran Dan Parametr Populasi Kepiting Bakau (Scylla serrata) di Ekosistem Mangrove Teluk Bintan, Kepulauan Riau. Jurnal Biologi Tropis, 15 (2): 1-11.

Biografi Penulis

Agil Al Idrus, Universitas Mataram

M. Liwa Ilhamdi, Universitas Mataram

Gito Hadiprayitno, Universitas Mataram

Gde Mertha, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).