Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru MTs dan MA Di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu

Penulis

Hamidsyukrie ZM , Sukardi Sukardi , Ni Made Novi Suryanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.220

Diterbitkan:

2019-04-11

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

ZM, H., Sukardi, S., & Novi Suryanti, N. M. (2019). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru MTs dan MA Di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.220

Abstrak

Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru MA dan MTs Swasta di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu dalam membuat proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mencapai tujuan ini, kegiatan ini menggunakan metode workshop melalui cara pelatihan dan pendampingan. Hasilnya menunjukkan bahwa guru-guru mampu mengikuti   rangkaian kegiatan dan mampu membuat proposal PTK. Kegiatan disambut baik oleh guru-guru dan mereka mengharapkan agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara periodik.

 

Kata Kunci: penyusunan proposal, penelitian tindakan kelas

Referensi

Kemmis, s & McTaggart,R. 1998. The Action Research Planner.3rd Ed. Victoria, Australia:Deakin University

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009

Sunyono. 2007. Modul Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Sujana, I Made. 2010. Workshop Penelitian Tindakan Kelas. Lombok: Arga Puji Pres

Biografi Penulis

Hamidsyukrie ZM, Universitas Mataram

Sukardi Sukardi, Universitas Mataram

Ni Made Novi Suryanti, Universitas Matatam

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).