Pemanfaatan Ekstrak Rumput Laut Sebagai Pupuk Organik Pada Pertanian Lahan Sempit Di Desa Lepak Lombok Timur

Penulis

Mursal Ghazali , Evy Aryanti , Rina Kurnianingsih , Sunarpi Sunarpi

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i1.226

Diterbitkan:

2019-01-12

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2018)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ghazali, M., Aryanti, E., Kurnianingsih, R., & Sunarpi, S. (2019). Pemanfaatan Ekstrak Rumput Laut Sebagai Pupuk Organik Pada Pertanian Lahan Sempit Di Desa Lepak Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.226

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak. Pertanian merupakan sektor yang memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia sebagian besar memanfaatkan pertanian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun setiap tahun luas lahan pertanian terus mengalami penurunan, akibat alih fungsi lahan. Disisi lain, jumlah penduduk terus mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah penduduk menumbuhkan kesadaran untuk memanfaatkan lahan yang sempit untuk bercocok tanam. Selain itu, perlu dilakukan upaya untuk penyadaran kepada masyarakat untuk menggunakan pupuk organik ramah lingkungan yang salah satunya ialah penggunaan ekstrak Sargassum sp. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu mulai Agustus sampai dengan November 2017.  Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui dua metode yaitu melalui diskusi kelompok dan partisipatif. Pada saat diskusi kelompok disampaikan tentang pemanfaatan lahan pekarangan dan potensi pemanfaatan esktrak Sargassum sp serta penggunaan kotoran ternak kambing sebagai media tana. Sedangkan pada metode partisipatif, masyarakat dibagikan pot percobaan sebagai media tanaman untuk diaplikasikan oleh masyarakat sendiri. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan diskusi, hal ini disebabkan karena Sargassum sp bukan jenis tumbuhan yang asing, tetapi mereka baru tahu bahwa tumbuhan tersebut dapat dijadikan sebagai pupuk. Selain  itu, hasil pemeliharaan yang dilakukan oleh masyarakat sebagian menunjukkan hasil yang positif dan sebagaian yang lain tidak berhasil. Ketidakberhasilan disebabkan karena banyak faktor diantaranya: dimakan ayam dan kambing.

 

Kata Kunci: Musim Kering, Lahan Sempit dan Sayuran

Referensi

Abdul R , Rahmawaty, Budiati D, Said TJ. 2013. Sistem Pertanian Terpadu Di Lahan Pekarangan Mendukung Ketahanan Pangan Berkelanjutan Dan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Online Jurnal online Pertanian Tropik Pasca Sarjana FP USU 1 (1): 1-8.

Ariningsih E, Rachman HPS. 2008. Strategi Peningkatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Rawan Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 6(3): 239-255.

Ashari, et al. 2012. Potensi Dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi 30 (1): 13-30.

Kaputra I, 2013, Alih Fungsi Lahan, Pembangunan Pertaniandan Kedaulatan Pangan, Strukturasi Vol. 1, No. 1., Juli 2013 (25-39)

Nikmatullah A., Mursal Ghazali, Rina Kurnianingsih, Mulyawarni and Sunarpi, 2014, Kemampuan Extract Aquadest Beberapa Makro Alga Pulau Lombok, Indonesia Dalam Merangsang Pertumbuhan Tanaman Padi, Agroteksos Volume 24 Nomor 3, Desember 2014.

Oelviani R dan Utomo B., 2015, Sistem pertanian terpadu di lahan pekarangan mendukung ketahanan pangan keluarga berkelanjutan: Studi kasus di Desa Plukaran, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon Volume 1, Nomor 5, Agustus 2015 ISSN: 2407-8050 Halaman: 1197-1202

Rosidah I.S., 2014, Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik, Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO Vol. 1.No.2

Saleim H.P, 2011, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL): Sebagai Solusi Pemantapan Ketahanan Pangan, Makalah Disampaikan pada kongres ilmu pengetahuan Nasional (KIPNAS) Jakarta, 8-10 November 2011.

Siswati L. 2012. Pendapatan Petani Melalui pertanian Terpadu Tanaman Hortikultura Dan Ternak Di Kota Pekanbaru. Jurnal Fakutas Peternakan Unand 14:13-21

Sutanto R, 2002, Penerapan pertanian organik, pemasyarakatan dan Pengembangannya, Kanisius Yogyakarta.

Biografi Penulis

Mursal Ghazali, Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Evy Aryanti, Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Rina Kurnianingsih, Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Sunarpi Sunarpi, Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).