Penyuluhan Gerakan Makan Ikan Laut Sebagai Upaya Peningkatan Gizi Di SMPN 2 Gunungsari Kabupten Lombok Barat

Penulis

Mahrus Mahrus , Lalu Zulkifli , Dewa Ayu Citra Rasmi , Prapti Sedijani , Syamsul Bahri

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.241

Diterbitkan:

2019-02-11

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mahrus, M., Zulkifli, L., Rasmi, D. A. C., Sedijani, P., & Bahri, S. (2019). Penyuluhan Gerakan Makan Ikan Laut Sebagai Upaya Peningkatan Gizi Di SMPN 2 Gunungsari Kabupten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.241

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Penyuluhan gerakan makan ikan laut sebagai upaya peningkatan gizi di SMPN 2 Gunungsari Kabuapten Lombok Barat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan laut sebagai salah satu sumberdaya yang sangat penting sebagai penopang dalam memperbaiki gizi masyarakat. Materi penyuluhan difokuskan pada khasiat mengkonsumsi ikan laut untuk kesehatan kepada guru-guru, dan selanjutnya diteruskan kepada para siswa baik sebelum, sedang dan sesudah jam pembelajaran berlangsung, kemudian siswa menyampaikannya kepada orang tua dan keluarganya. Penyadaran guru dan siswa tentang betapa pentingnya gizi dalam masa pertumbuhan dan mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan sebagai upaya perbaikan gizi masyarakat merupakan kegiatan yang sudah diprogramkan pemerintah orde baru sampai sekarang ini, dengan harapan membentuk manusia Indonesia yang berkualitas. Sentuhan guru sangat dibutuhkan untuk mensosialisasikan gerakan makan ikan karena guru setiap saat dapat menyampaikannya kepada siswa baik ketika sedang mengajar di kelas maupun di luar kelas. Guru di depan para murid sebagai orang yang digugu dan ditiru memiliki peranan yang sangat penting di dalam menyampaikan pesan gerakan makan ikan, oleh karena itu kegiatan pengadian ini orang pertama yang diberikan pemahaman tentang pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan tubuh adalah guru. Selanjutnya guru diharapkan akan menyampaikannya kepada murid dan murid akan menyampaikannya kepada orang tua dan keluarga di rumah. Melalui program ini diharapkan kegemaran masyarakat terhadap gemar makan ikan semakin meningkat, sehingga upaya menciptakan kondisi masyarakat yang sehat dan berkualitas dapat terwujud di masa depan. Sekolah sebagai salah satu media yang efektif untuk mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan dan kecerdasan anak.Tanggapan guru sebagai kelompok sasaran adalah sangat positif. Mereka baru pertamakali menerima materi pengabdian semacam ini meskipun pernah mendapatkan informasi ini baik melalui media cetak maupun elektronik. Berdasarkan pada pengalaman yang diperoleh selama proses kegiatan pengabdian dilakukan, anggota tim menyarankan: semua pihak terkait, terutama perguruan tinggi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat perlu melakukan penelitian dan pemberdayaan masyarakat dengan program Gemar makan ikan. 

 

Kata Kunci: Gizi, Ikan laut, Omega-3, Gemar makan ikan, Kesehatan

Referensi

Calder, P.C. 2012. The role of marine omega-3 (n-3) fatty acids in inflammatory processes, atherosclerosis and plaque stability. Mol Nutr Food Res., 56(7):1073-1080.

Deckelbaum, R.J., and T. Torrejon. 2012. The omega-3 fatty acid nutritional landscape: health benefits and sources. J. Nutr., 142(3): 587S-591S.

Dorval, E. K. Piner, L. Robertson, C. S. Reiss, B. Javor, R. Vetter. 2011. Temperature record in the oxygen stable isotopes of Pacific sardine otoliths: Experimental vs. wild stocks from the Southern California Bight. J. Exp. Mar. Biol. and Ecol., 397: 136–143.

Monroig Ó, Li Y and D.R Tocher. 2011. Delta-8 desaturation activity varies among fatty acyl desaturases of teleost fish: High activity in delta-6 desaturases of marine species. Comparative Biochemistry and Physiology Part B: Biochemistry and Molecular Biology, 159(4): 206–213.

Rebah, F. B., A. Abdelmouleh, W. Kammoun and A. Yezza. 2010. Seasonal variation of lipid content and fatty acid composition of Sardinella aurita from the Tunisian coast. Abstract. Journal of the Marine Biological Association of the United Kingdom, 90(03): 569-573.

Sayanova, O., R.P. Haslam, M.V.Calerón, N.R. López, C.Worthy, P. Rooks, M.J. Allen, J.A. Napier. 2011. Identification and functional characterisation of genes encoding the omega-3 polyunsaturated fatty acid biosynthetic pathway from the coccolithophore Emiliania huxleyi. Phytochemistry, 72(7): 594–600.

Biografi Penulis

Mahrus Mahrus, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Lalu Zulkifli, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Dewa Ayu Citra Rasmi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Prapti Sedijani, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Syamsul Bahri, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).