Pelatihan Tentang Penggunaan Ikan Sebagai Indikator dalam Menentukan Kualitas Air Sungai di Ampenan Tengah Mataram

Penulis

Khairuddin Khairuddin , M. Yamin , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.244

Diterbitkan:

2019-02-13

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khairuddin, K., Yamin, M., & Syukur, A. (2019). Pelatihan Tentang Penggunaan Ikan Sebagai Indikator dalam Menentukan Kualitas Air Sungai di Ampenan Tengah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.244

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Air adalah kebutuhan vital dalam  kehidupan manusia. Hewan yang hidup di perairan sungai seperti ikan dapat menjadi indikator dalam penentuan kualitas air di sungai seperti sungai di Ampenan Tengah Mataram. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk: 1) Melatih masyarakat sasaran di Ampenan Tengah untuk mengenal berbagai jenis ikan sebagai indikator biologi di Ampenan Tengah Mataram, 2) Memberikan pengetahuan tentang pengertian ikan sebagai parameter biologi pada masyarakar sasaran di Ampenan Tengah Mataram. 3) Memberikan contoh tentang cara menggunakan ikan dalam menentukan kualitasa air sungai di Ampenan Tengah Mataram dan 4) Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan  beberapa pendekatan dan metode adaah: 1) Pendekatan Sosial dan birokrasi, 2) Metode ceramah, 3) Metode demonstrasi dan praktek lapangan dan 4) Metode tanya jawab. Pelaksanaan Pelatihan menggunakan  ikan sebagai indikator untuk menentukan Kualitas Air Sungai Di Ampenan. Jumlah  peserta 20 orang dalam diskusi mereka cukup aktif.  Dari hasil evaluasi  95 % peserta dapat memahami dengan baik materi dan keterampilan dalam pelatihan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini telah dapat memberikan pemahaman tentang jenis-jenis ikan sebagai indikator penenuan kualias air.  Selain itu peserta pelatihan telah memiliki keahlian dan keterampilan dalam menggunakan ikan sebagai indikator dalam menentukan kualitas air sungai dan dapat menerima informasi tentang pengetahuan dan perilaku yang dapat meredam terjadinya penurunan kualitas air sungai di kelurahan Ampenan Tengah dari para pelatih dari program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram.

 

Kata Kunci: Ikan,   Kualitas air sungai, Ampenan

Referensi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan hidup. Himpunan Peraturan Tentang Pengendalian Dampak Lingkungan. 2000. Bapedalda NTB. Mataram

Hadi, S.P, 2000. Manusia dan Lingkungan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Cahaya, Indra. 2014. Ikan Sebagai Alat Monitor Pencemaran. Tersedia. Online. http://mspuh.wordpress.com/2010/07/07/ikan-sebagai-alat-monitor-pencemaran/, 2014). diakses 12 Maret 2014.

Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian NTB. 2014. Kualitas Air Sungai Mataram Makin Parah. http://sumbawabaratnews.com, diakses 12 Maret 2014

Khairuddin, Yamin, M dan Syukur, A. 2016. Analisis kualitas air kali Ancar dengan menggunakan Makroinvertebrata. Jurnal Biologi Tropis, Volume 16 (2) : 10 – 22.

Jeffrey, D.W; dan Maden, B, 1994. Bioindicator and Environmental Management. Academic Press Limited. London.

Loeb, S.L. dan Spacie, A. 1994. Biological Monitoring of Aquatuic System. Lewis Publishers. Florida, United States of America.

Mason, C.F. 1991. Biology of Freshwater Pollution. Longman Group. United Kingdom.

Maryono, 2007. Restorasi Sungai. Gadjah Mada University Presss. Yogjakarta.

Soedradjad, R, 1999. Lingkungan Hidup. Ditjen Dikti, Dekdikbud, Jakarta.

Soemantojo. 2004. Pendidikan dan Etika Lingkungan Hidup. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan. Volume 24 Nomor 1: 23.

Sukarsono, 2009. Ekologi Hewan. UMM Press, Malang.

Tanjung, S.D. 2003. Ilmu Lingkungan. Laboratorium Ekologi, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada. Yogjakarta.

Widowati, W; Sastiono, A; dan Yusuf, R.2008. Efek Toksik Logam. Andi, Yogjakarta.

Soedradjad, R, 1999. Lingkungan Hidup. Ditjen Dikti, Dekdikbud, Jakarta.

Wardhana, W.A, 1995. Dampak Pencemaran Lingkungan. Andi Offset, Jakarta.

Wardhana, W.A, 2001. Dampak Pencemaran Lingkungan. Andi, Yogjakarta.

Biografi Penulis

Khairuddin Khairuddin, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

M. Yamin, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Abdul Syukur, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).