Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Bank Sampah di Desa Montong Baan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Aris Doyan , Fitri Amelia Putri , Serly Surjan Ekayanti , Vandesty Harummiswari H

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.260

Diterbitkan:

2019-04-11

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Doyan, A., Putri, F. A., Ekayanti, S. S., & Harummiswari H, V. (2019). Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Bank Sampah di Desa Montong Baan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.260

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Desa Montong Baan merupakan salah satu desa tertua  yang ada di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok  Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini berada ditempat yang strategis dan mudah dijangkau dari ibu kota kabupaten maupun provinsi, karena berada di tepi Jalan Negara Masbagik dan Mataram. Kendala yang terlihat di Desa Montong Baan adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah, serta disetiap dusun belum tersedia tempat penampungan sampah.  Sehingga, banyak terlihat sampah-sampah yang berserakan padahal sudah terdapat lokasi pengolahan sampah (Bank sampah) di Desa Montong Baan itu sendiri. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah MACADAS (Masyarakat Cerdas Daur Sampah) dan Sosialisasi Peduli Lingkungan. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah dan masyarakat dapat mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna, misalnya untuk kerajinan atau sesuatu yang memiliki nilai ekonomis serta masyarakat bisa sadar akan pentingnya peduli terhadap lingkungan. Metode yang digunakan adalah survei bank sampah yang sudah ada di Desa Montong Baan, persiapan program, sosialisasi bank sampah dan peduli lingkungan, pembuatan kerajinan dari bahan bekas, monitoring dan evaluasi. Hasil yang diharapkan dari program pemberdayaan dan sosialisasi ini adalah masyarakat Desa Montong Baan dapat merubah paradigma lama menjadi paradigma baru tentang sampah, yang tentunya akan berdampak menjadi lebih baik bagi masyarakat, lingkungan dan perekonomian masyarakat itu sendiri. 

 

Kata Kunci: Bank Sampah, MACADAS, Pengolahan Sampah, Peduli Lingkungan

Referensi

Aryenti. 2011. Peningkatan peran serta masyarakat melalui gerakan menabung pada bank sampah di Kelurahan Babakan Surabaya, Kiaracondong Bandung. Jurnal Pemukiman, vol. 6 No.1 April 2011:40 – 46.

Azwar, Azrul. 1990. Pengantar ilmu lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Hadisuwito, S. 2007. Membuat pupuk kompos cair. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Hadiwiyoto, Soewodo. 1983. Penanganan

dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta:

Yayasan Idayu.

Jumar, Fitriyah, N; dan Kalalinggie, R; 2014. Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Log Bahu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Jurnal administratif reform, 2 (1) : 771-782.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012 pasal 1 ayat 2 tentang pedoman pelaksanaan Reduce, Reuse, Recycle (melalui bank sampah).

Soemarwoto, O. 2001. Ekologi Lingkungan dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Suryani, Anih Sri. 2014. Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas pengelolaan Sampah (Study Kasus Bank Sampah Malang). Jakarta: Jurnal Bank Sampah.

Biografi Penulis

Aris Doyan, Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram

Fitri Amelia Putri, Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unirversitas Mataram, Mataram

Serly Surjan Ekayanti, Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unirversitas Mataram, Mataram

Vandesty Harummiswari H, Pendidikan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unirversitas Mataram, Mataram,

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).