Pelatihan Motivasi dan Orientasi Masa Depan Peserta Didik dengan Menggunakan Peta Mimpi

Penulis

Yasmine Khairunnisa , Fitria Rizkiana , Herlina Apriani , Emilda Prasiska

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.266

Diterbitkan:

2019-05-23

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khairunnisa, Y., Rizkiana, F., Apriani, H., & Prasiska, E. (2019). Pelatihan Motivasi dan Orientasi Masa Depan Peserta Didik dengan Menggunakan Peta Mimpi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.266

Abstrak

Abstrak: Sebagian besar anak-anak di SMAN 1 Kandangan tidak memiliki rencana masa depan yang jelas sesuai dengan keinginan mereka; masa depan mereka ditentukan oleh orang tua ataupun keadaan. Maka dari itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk memupuk motivasi siswa-siswi di sekolah melalui pelatihan atau workshop untuk membantu mereka menemukan semangat belajarnya demi meraih cita-cita yang diinginkannya, serta membantu peserta didik yang masih kebingungan untuk memutuskan rencana masa depannya agar mampu secara mandiri merencanakan kehidupannya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop atau pelatihan dengan konsep seminar menggunakan media peta mimpi yang berisikan bagan rencana dari tahun 2018 hingga 2028. Pada kertas tersebut, peserta didik menuliskan secara rinci rencana masa depannya dalam rentang waktu 10 tahun. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMAN 1 Kandangan ini berjalan dengan lancar dan mendapat antusiasme yang besar dari siswa. Namun, kurang panjangnya waktu yang disediakan menyebabkan siswa kesulitan untuk mengisi peta mimpinya karena siswa terkesan dituntut untuk tiba-tiba menuliskan rencana masa depan secara detail tanpa diberikan waktu untuk berpikir. Dari hasil angket siswa didapatkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat yang besar untuk belajar dan meneruskan pendidikannya, serta mereka memiliki motivasi yang mendasari semangat mereka untuk belajar yang dipengaruhi oleh orang tua, teman, dan lingkungan sekitarnya.

 

Kata kunci: motivasi; masa depan; peta mimpi

Referensi

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo.

KPD, K. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

MarizaFitri dan Derlina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi, 3(2), 89-96.

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532.

Sudarnoto, L. F. (2016). Faktor-Faktor Determinan Pada Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 25(2), 91-99.

Suyanto, B. (2010). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana.

Ulfatin, N., Mukhadis, A., & Imron, A. (2010). Profil Wajib Belajar 9 Tahun dan Alternatif Penuntasannya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 36-45.

Biografi Penulis

Yasmine Khairunnisa, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fitria Rizkiana, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Herlina Apriani, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Emilda Prasiska, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).