Pengembangan Profesionalissme Guru dalam Menulis Karya Ilmiah

Penulis

Kasnawi Al Hadi , Nurul Qomariyah , Suhayat Minardi , Laili Mardiana , Alfina Taurida Alaidrus , Siti Alaa’

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.270

Diterbitkan:

2019-05-23

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Al Hadi, K., Qomariyah, N., Minardi, S., Mardiana, L., Alaidrus, A. T., & Alaa’, S. (2019). Pengembangan Profesionalissme Guru dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.270

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract: Salah satu bentuk profesionalisme guru adalah memiliki kemampuan menulis artikel ilmiah. Guru SMP 2 Sekotong pada umumnya belum memiliki wawasan yang cukup tentang kepenulisan ilmiah sehingga guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam bidang kepenulisan. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah pendekatan konstruktivisme, pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua kali yaitu pertama pelaksanaan kegiatan dilakukan melailui pemberian materi di dalam kelas dengan metode ceramah kelas, diskusi, pemberian contoh dan latihan, dan selanjutnya peserta diberikan layanan bimbingan.  Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan dan wawasan yang cukup tentang hakikat penulisan artikel ilmiah, menambah keterampilan menulis karya tulis ilmiah berdasarkan sistematika dan bahasa ilmiah yang baik.  Guru SMP 2 Sekotong yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat sangat antusias mendapat pelatihan tentang teknik penulisan karya tulis ilmiah sebagai penunjang profesionalitasnya didunia pendidikan serta dapat menghasilkan produk artikel ilmiah yang layak diterbitkan di jurnal ilmiah.

 

Keywords: Artikel ilmiah, guru, Konstruktivisme

Referensi

Aisyah, E.N., dan Mahanani, P. 2017. Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Padagogi. 1(1).

Djuroto, T., dan Supriyadi, B. 2007. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Sudjana, N., dan Laksana, U. 2004. Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 tentang Penetapan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2000. Jakarta: Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Sulipan. 2007. Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. http://www.ktiguru.org/index.php/profesiguru diakses tanggal 10 Mei 2018.

Biografi Penulis

Kasnawi Al Hadi, Progam Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Nurul Qomariyah, Progam Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Suhayat Minardi, Progam Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Laili Mardiana, Progam Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Alfina Taurida Alaidrus, Progam Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Siti Alaa’, Progam Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).