Penyuluhan Tehnik Pembedahan Hewan Coba Untuk Mengamati Struktur dan Frekwensi Denyut Jantung Pada Siswa SMP Negeri 7 Mataram

Penulis

I Wayan Merta , Imam Bachtiar , Syachruddin AR , Kusmiyati Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.294

Diterbitkan:

2019-07-31

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Merta, I. W., Bachtiar, I., AR, S., & Kusmiyati, K. (2019). Penyuluhan Tehnik Pembedahan Hewan Coba Untuk Mengamati Struktur dan Frekwensi Denyut Jantung Pada Siswa SMP Negeri 7 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.294

Abstrak

Abstrak: Teknik pembedahan merupakan pengetahuan tentang cara-cara pembedahan hewan coba untuk mengamati organ-organ dalam. Keberasilan pengamatan struktur dan frekwensi denyut jantung pada hewan coba sangat ditentukan oleh  tehnik-tehnik pembedahan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang tehnik-tehnik pembedahan hewan coba dan meningkatkan ketrampilan siswa melakukan pembedahan hewan coba untuk mengamati struktur jantung dan frekwensi denyut jantung. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan metode penyuluhan, pada tahap ini disampaikan materi tentang tehnik-tehnik pembedahan hewan coba dan metode pratekum, yaitu melakukan praktek pembedahan hewan coba untuk mengamati struktur jantung dan frekwensi denyut jantung. Hewan coba yang digunakan dalam pengabdian ini adalah 10 ekor mencit (Mus musculus) strain BALB/C dan 10 ekor dan katak (Rana Sp). Pengabdian ini dapat disimpulkan: Kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi siswa Klas VII SMP Negeri 7 Mataram sebagai pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan tehnik pembedahan hewan coba. Siswa telah memahami tehnik-tehnik pembedahan hewan coba, dapat melakukan pembedahan hewan coba dengan baik dan benar, serta mengetahui struktur jantung Katak dan Mencit. Hasil praktekum diperoleh Mencit memiliki rata-rata denyut jantung 102 per menit, sedangkan denyut jantung Katak reratanya 69 per menit.

 

Kata Kunci: Katak (Rana sp),Mencit (Mus musculus),dan Frekwensi denyut jantung

Referensi

Agil, M. 1987. Pengaruh Daun Sauropus androgynus Terhadap Sekresi Air Susu Mencit Betina Yang Menyusui. Tesis Magister Sains. Fakultas Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Ayda Tresnawaty. Y., dan Sri Sudarwati. 1992. Struktur Hewan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Teknologi Bandung.

Chukwuocha, R. U., Hartman, A. D. and Feeney, A. Z. 1994. Sequences of Fou New Members of the VH 7183Family in BALB/C Mice. Journal Immunogenetis. P.40:76-78.

Ganong, W.F. 1983 Fisiologi Kedokteran. Edisi ke 10. Terjemahan Adhi Dharma. ECG. Penerbit Buku Kedokteran Jakarta.

Kartolo. S. W. 1993. Fisiologi Hewan. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Milton Hildebrand. 1982. Analysis of Vertebrate Structure. New York

Nawangsari Sugiri. 1989. Zoologi. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pusat Antar Universitas Ilmu Hayat Institut Pertanian Bogor

Radiopoetro. 1983. Zoologi. Penerbit Erlangga

Sastradipradja.D. 1998. Fisiologi Veteriner. Institut Pertanian Bogor

Sugiyono.1997. Statistik Untuk Penelitian. Bandung. CV Alfabeta.

Tatang Djuhanda. 1990. Analisa Struktur Vertebrata. Penerbit Armico Bandung.

Biografi Penulis

I Wayan Merta, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Imam Bachtiar, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Syachruddin AR, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Kusmiyati Kusmiyati, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).