Meningkatkan Kualitas Produksi Rumput Laut Melalui Pelatihan tentang Sistem Pengelolaan Budidaya Secara Terpadu di Gili Gede Lombok Barat NTB

Penulis

Syachruddin AR , Karnan Karnan , Lalu Japa , I Wayan Merta , Gede Mertha

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.295

Diterbitkan:

2019-07-31

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

AR, S., Karnan, K., Japa, L., Merta, I. W., & Mertha, G. (2019). Meningkatkan Kualitas Produksi Rumput Laut Melalui Pelatihan tentang Sistem Pengelolaan Budidaya Secara Terpadu di Gili Gede Lombok Barat NTB. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.295

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak : Rumput laut mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, usaha budidayanya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh pengusaha dan masyarakat secara konvensional. Potensi lahan untuk budidaya rumput laut di wilayah NTB cukup tinggi (953,2 km2) dengan produksi 2.952 ton/Ha yang diproduksi secara konvensional. Keterbatasan dana dan SDM yang tidak memadai diikuti dengan kurangnya perhatian dari semua pihak maka potensi perairan belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal. Sosialisasi dan pembinaan dalam penerapan teknologi budidaya secara terpadu melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan semangat masayarakat untuk melakukan budidaya rumput laut. Penerapan kegiataan sosialisasi tentang pengelolaan sistem budidaya secara terpadu yang berkaitan dengan : peningkatan produksi, pengolahan pasca panen dan pemasaran secara simultan dan kontinyu dilakukan dengan cara Fokus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan pelaku budidaya rumput laut di. Rumput laut merupakan salah satu dari 3 komoditas unggulan NTB yang berpotensi besar dalam pengembangan ekonomi lokal dan pengentasan kemiskinan di Gili Gede Lombok Barat NTB, maka sistim informasi yang berkaitan dengan peningkatan produksi dan pengolahan pasca panen serta pemasaran yang diberikan secara simultan melalui Focus Group Discussion (FGD) sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas dan pemanfaatan rumput laut untuk berbagai olahan dan pemasan hasil produksi yang diperlukan oleh masyarakat di Gili Gede.

Kata Kunci : Budidaya, Pengelolaan, Pengolahan dan Fokus Group Discussion.

Referensi

Agus Setiadi dan Utari Budihardjo, 2000. Rumput Laut Komoditas Unggulan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Anonim, 1993. Pasca Panen Rumput Laut. Badan Pendidikan dan Pelatihan. Departemen Pertanian. Jakarta.

Anonim, 2004. Perancangan Sistem Produksi Berbasis Rumput Laut (Seaweed). Kerjasama Universitas Brawiajay dengan BP KAPET Bima. Aslan, L. M., 1995. Budidaya Rumput Laut. Kanisius. Yogyakarta

Anonim, 2014. Teknik Budidaya Rumput Laut (Gracillaria gigas) Dengan Metode Tebar (Broadcast) Di Tambak Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau Jepara, Propinsi Jawa Tengah.

Angka, S. L., dan M. G. Suhartono, 2000. Bioteknologi Hasil Laut. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Kelautan. IPB. Bogor.

Kadi, A. dan Wanda S.A., 1988. Rumput Laut (Algae), Jenis, Reproduksi, Produksi, Budidaya dan Pasca panen. Proyek Studi Potensi SDA Indonesia (Jakarta P3O Lipi. 1988.)

Hery Indriani, Emi Sumiarsih, 1991. Budidaya, Pengolahan, Pemasaran, Rumput Laut. Seri Agribisnis.Tim Penulis PS. Penerbit. PT. Penebar Swadaya.

Jana T. Anggadireja, Ahmad Zatnika, Heri Purwoto, Sri Istiani. 2009. Pembudidayaan Rumput Laut, Pengolahan dan Pemasaran Komoditas Perikanan Potensial. Seri Agribisnis. Penerbit. PENEBAR swadayaJakarta.

Sugiarto, A., W.S., Atmadja, Sulityo dan Mubarak, 1978. Rumput Laut (Algae), Manfaat, Potensi, dan Usaha Budidaya. LON-LIPI 66 hal. (Jakarta 1978).

Sujatmiko, 1988. Menghasilkan Rumput Laut Kualitas Eksport. Info Agribisnis. No.230 hal 18 – 19, 1988.

Wahyono, Untung, 1991. Potensi Sumberdaya dan Produksi Rumput Laut Indonesia. Jakarta. Direktorat Bina Produksi, Direktorat Jenderal Perikanan, 1991.

Winarno, F. G., 1996. Teknologi Pengolahan Rumput Laut. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Zatnika, A, 2000. Perkembangan Industri Rumput Laut di Indonesia. Forum Rumput Laut Nasional, 9p (Jakarta November 2000).

Biografi Penulis

Syachruddin AR, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Karnan Karnan, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Lalu Japa, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

I Wayan Merta, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Gede Mertha, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).