Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra

Penulis

Susilawati Susilawati , Aris Doyan , Muhamad Taufik

DOI:

10.29303/jpmpi.v2i1.315

Diterbitkan:

2019-09-12

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Susilawati, S., Doyan, A., & Taufik, M. (2019). Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.315

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi olimpiade fisika di tingkat lokal (kabupaten dan provinsi) dan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik SMPN 9 Mataram dalam mengerjakan soal-soal olimpiade fisika. Manfaat dari pembinaan dan pelatihan olimpiade ini memberi efek langung pada kemampuan siswa SMPN 9 Mataram dalam penguasaan materi dan kemampuan mengerjakan soal-soal olimpiade fisika. Sebagai upaya menyelesaikan permasalahan tersebut di atas diadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai sasarannya adalah guru dan siswa di SMPN 9 Mataram. Langkah-langkah kegiatan melalui tahap persiapan, tahap sosialisasi, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan diadakan diskusi tim pengabdian dengan kepala sekolah dan guru-guru IPA tentang silabus dan materi olimpiade yang akan disampaikan serta teknis pelaksanaan. Tahap selanjutnya diadakan kegiatan sosialisasi yang dihadiri pihak Dinas Pendidikan Kota Mataram, Kepala Sekolah dan Wakil kepala sekolah, guru-guru IPA dan para siswa yang mengikuti pengayaan. Kegiatan sosialisasi berisi pemberian informasi tentang kegiatan yang diberikan oleh dosen selaku Tim pengabdian. Tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan, kegiatan ini diikuti oleh guru- guru IPA dan siswa yang berasal dari kelas VII sampai kelas VIII.  Guru dan siswa diberi materi pembinaan berupa pemberian soal-soal olimpiade dan dilatih untuk menyelesaikan sendiri dengan tingkat kesulitan yang berjenjang. Ada dua aspek yang dievaluasi pada kegiatan ini, yakni kehadiran dan aktivitas peserta selama pelatihan berlangsung baik bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi. Hasil wawancara dengan peserta kegiatan diperoleh data bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena telah memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi peserta didik dalam menjawab soal-soal olimpiade fisika.

 

Keywords: Olimpiade fisika; Pelatihan; Pengayaan Materi.

Biografi Penulis

Susilawati Susilawati, Program studi pendidikan fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.

SOPUS ID: 56597961500

 

Aris Doyan, Program studi pendidikan fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.

Muhamad Taufik, Program studi pendidikan fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).