Pelatihan Animasi Rangkaian Listrik Menggunakan Live Wire 1.11 Pro Bagi Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram

Penulis

Wahyudi Wahyudi , Muh. Makhrus , I Wayan Gunada , Muhammad Taufik

DOI:

10.29303/jpmpi.v2i1.327

Diterbitkan:

2019-10-24

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wahyudi, W., Makhrus, M., Gunada, I. W., & Taufik, M. (2019). Pelatihan Animasi Rangkaian Listrik Menggunakan Live Wire 1.11 Pro Bagi Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.327

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Salah satu masalah di dunia pendidikan adalah rendahnya kemampuan siswa SMA dalam memecahkan soal-soal Fisika, terutama materi rangkaian listrik. Untuk mengatasinya, siswa perlu menggunakan media animasi sebagai alat bantu belajar, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang dicapainya. Salah satu media animasi  adalah Livewire 1.11 pro, sebuah program komputer yang cukup membantu karena terdapat tampilan alur atau arah arus mengalir, sehingga mempermudah mindset pengguna akan jalannya arus dalam rangkaian listrik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melatih siswa-siswa untuk membuat animasi rangkaian listrik menggunakan Livewire 1.11 pro. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tutorial cara menggunakan program komputer Livewire 1.11 pro, disertai  contoh.  Luaran yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah siswa-siswa SMA  memiliki kemampuan untuk membuat animasi rangkaian listrik menggunakan Livewire 1.11 pro.Setelah mengikuti kegiatan ini, siswa-siswa SMA memperolah tambahan wawasan pengetahuan dan keterampilan penggunaan program komputer Livewire 1.11 pro untuk mempermudah mempelajari rangkaian listrik. 

    

Kata-kata kunci: Rangkaian listrik, Media animasi, Livewire 1.11 pro

Referensi

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawai Pers.

Giancoli D. C., 2014, Fisika: Prinsip dan Aplikasi, Jakarta: Penerbit Erlangga

Isaacs A, 1995, Kamus Lengkao Fisika, Jakarta: Penerbit Erlangga

Kusnadi, C., dan Sutjipto B., 2013, Media Pembelajaran; Manual dan Digital, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Roestiyah, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Rusilowati, A, 2006. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrkan Siswa SMA di kota Semarang, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 4 Nomor 2, https://journal.unnes.ac.id/.

Sukiasa K., dan Sukoco, 2013. Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3 Nomor 1, https://journal.uny.ac.id ›

Ramdhani, M. 2013. Tutorial Livewire 1.1 Pro. www.academia.edu diakses tanggal 12 Februari 2019.

Biografi Penulis

Wahyudi Wahyudi, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram NTB

Muh. Makhrus, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram NTB

I Wayan Gunada, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram NTB

Muhammad Taufik, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram NTB

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).