Meningkatkan Kesadaran Bahaya Sampah Laut Melalui Pendampingan pada Masyarakat Lokasi Wisata Pantai Kuranji

Penulis

Sukib Sukib , Muti'ah Muti'ah , Jeckson Siahaan , Supriadi Supriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v2i2.343

Diterbitkan:

2020-01-07

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sukib, S., Muti'ah, M., Siahaan, J., & Supriadi, S. (2020). Meningkatkan Kesadaran Bahaya Sampah Laut Melalui Pendampingan pada Masyarakat Lokasi Wisata Pantai Kuranji. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i2.343

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Telah dilakukan kegiatan penyuluhan tentang bahaya sampah laut. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi/kesadaran kepada masyarakat Pantai Kuranji (Siswa SMP N 17 Mataram) tentang: (1) bahaya sampah (terutama plastik), (2) cara menjaga kebersihan pantai. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dengan menggunakan media poster. Dari hasil kegiatan ini adalah: (1) Telah dibuat media untuk kegiatan penyuluhan berupa poster tentang pencemaran laut dan efeknya terhadap kehidupan, (2) Hasil observasi, diskusi dan tanya jawab, serta tes sikap siswa, menunjukkan bahwa melalui kegiatan penyuluhan ini pengetahuan siswa tentang bahaya sampah laut meningkat. (3) Kesadaran siswa terhadap bahaya sampah laut meningkat.

Referensi

Chalmers, D.J. 199b. The Puzzle of Conscious Experience. Scientific American, Vol. 273 (6): 90-100.

Jambeck, J.R., R. Geyer, C. Wilcox, T. R. Siegler, M. Perryman, A. Andrady, R. Narayan, K. L. Law. 2015. Plastic waste inputs from land into the ocean. Science, 347 (6223): 768 – 771.

Lebreton, L. W. 2017. River Plastic Emissions to the World’s Oceans. . Nature Communications, 8,, 15611.

Marojahan, R. 2015. Hubungan Pengetahuan Masyarakat Tentang Sampah Dengan Perilaku Mengelola Sampah Rumah Tangga Di Rt 02 Dan Rt 03 Kampung Garapan Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Forum Ilmiah Volume 12 Nomor 1, 33-44.

Moore, J. C., Spink, J., dan Lipp, M.. 2012. Development and application of a database of food ingredient fraud and economically motivated adulteration from 1980 to 2010. Journal of Food Science, 77(4).

National Oceanic and Atmospheric Administration. 2013. Programmatic Environmental Assessement (PEA) for the NOAA Marine Debris Program (MDP). Maryland (US): NOAA.

Qiu Q, Peng J, Yu X, Chen F, Wang J, Dong F. 2015. Occurrence of microplastics in the coastal marine environment: First observation on sediment of China. Mar Pollut Bull. 98:274–280.

Biografi Penulis

Sukib Sukib, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Muti'ah Muti'ah, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Jeckson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).