Wirausaha Produktif Berbasis Sektor Unggulan Desa Senyiur Lombok Timur

Penulis

Sukardi Sukardi , Burhanuddin Burhanuddin , Lalu Ali Wardana , Hamidsyukrie ZM

DOI:

10.29303/jpmpi.v2i1.350

Diterbitkan:

2019-12-27

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sukardi, S., Burhanuddin, B., Wardana, L. A., & ZM, H. (2019). Wirausaha Produktif Berbasis Sektor Unggulan Desa Senyiur Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.350

Abstrak

Pengabdian ini dilakukan karena berangkat dari tiga kondisi yang dihadapi kelompok sasaran (kelompok usia produktif, anak putus sekolah/tidak melanjutkan studi, buat aksara), yaitu: (1) lemahnya skill dalam menghasilkan produk berbasis keunggulan wilayah, padahal potensi keunggulan sangat potensial baik dibidang pertaninan, peternakan, perdagangan, kerajinan, jasa, dan lainnya; (2) belum memadainya kemampuan dalam pengelolaan usaha berbasis keunggulan wilayah, baik tata kelola keuangan, tata kelola kelembagaan, manajemen sumber daya, maupun lainnya; dan (3) belum memadainya kemampuan dalam memasarkan produk termasuk strategi bersaing. Kondisi ini berimplikasi terhadap pendapatan yang masih rendah, daya beli masyarakat, produktivitas, dan angka kemiskinan yang masih tinggi. Oleh karenanya, pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat kompetensi kelompok sasaran dalam mengembangkan usaha ekonomi produktif berbasis sektor unggulan wilayah.  Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka solusi yang ditawarkan adalah berupa kegiatan pelatihan dan pendampingan wirausaha produktif pada tiga aspek sekaligus, yaitu: pengembangan produk, pengelolaan usaha, dan pemasaran. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan dilakukan melalui kaji tindak partisipatif dengan pendekatan andragogis yang mengedepankan brainstorming dan praktik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kelompok sasarn memliki kompetensi yang memadai dalam mengembangkan wirausaha produktif, khususnya dalam bidang peternakan dan pengolahan makanan hasil pertanian.  Hasil pendampingan juga menunjukkan adanya ada 1 (satu) kelompok peternak yang sudah mengimplementasikan hasil pelatihan disamping 1 (satu) kelompok yang mengembangkan pengolahan makanan hasil pertanian. Dibalik capaian tersebut, hal yang perlu diapresiasi adalah adanya keinginan, semangat, dan motivasi kelompok sasaran untuk mengembangkan usaha produktif.

Kata Kunci: Wirausaha Produktif, Unggulan Desa

Referensi

Acs, Z.J., & Amoros, J.E. 2008. Entrepreneurship and competitiveness dynamics in Latin America. Small Business Economics, 31 (3): 305-322.

Al-Hakim, S. 2004. Strategi Pembelajaran Berdasarkan Deep Dialogue. P3G, Dirjen Dikdasmen.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Timur/BPS Lombok Timur. 2018a. Kecamatan Keruak dalam Angka 2018. Selong: BPS Kabupaten Lombok Timur.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Timur/BPS Lombok. 2018b. Statistik Kabupaten Lombok Timur 2018. Selong: BPS Kabupaten Lombok Timur.

Etzkowitz, H., & Zhou, C. 2008. Introduction to special issuebuilding the entrepreneurial university: A Global perspective. Science and Public Policy. 35 (9): 627-653.

Khairatun, L. I. K., Wilian, S., & Sukardi. 2016. Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Produktivitas Kerja Kepala Sekolah SMK/SMA/MA di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP), 1(1).

Koellinger, P.D., & Thurik, A.R. 2012. Entrepreneurship and the business cycle. Review of Economics and Statistics, 94 (4): 1143-1156.

Lee, S.M., & Peterson, S.J. 2000. Culture, entrepreneurial orientation, and global competitiveness. Journal of World Business, 35 (4): 401-416.

Pemerintahan Desa Senyiur. 2017. Profil Pemerintahan Desa Senyiur 2017. Senyiur: Pemerintahan Desa Senyiur.

Schulte, P. 2004. The Entrepreneurial university: A strategy for institutional development. Higher Education in Europe, 29 (2): 187-191.

Sukardi, Ismail, M., & Suryanti, N.M.N. 2014. Model Pendidikan kewirausahaan berbasis keterampilan lokal bagi anak putus sekolah pada masyarakat marginal. Cakrawala Pendidikan, 33 (3): 402-412.

Sukardi. 2010. Kondisi Anak tidak dan atau Putus Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar pada Masyarakat di NTB: Ke Arah Percepatan Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun. Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang Depdiknas, Jakarta, 2-4 Agustus.

Sukardi. 2017. Efektivitas Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Keunggulan Lokal Terhadap Keinovatifan Siswa. Cakrawala Pendidikacsan, 36 (2): 267-279.

Wong, P.K. Ho, Y.P., & Autio, E. 2005. Entrepreneurship, innovation and economic growth: Evidence from GEM data. Small Business Economics, 24 (3): 335-350.

Wong, P.K. Ho, Y.P., & Singh, A. 2007. Toward an “entrepreneurial university†model to support knowledge-based economic development: The case of the National University of Singapore. World Development, 35 (6): 941-958.

Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M. & Widson, D. 2008. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management (5th ed). Upper Saddle rever, NJ: Pearson Education, Inc.

Biografi Penulis

Sukardi Sukardi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan & Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia

Burhanuddin Burhanuddin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram, Indonesia

Lalu Ali Wardana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram, Indonesia

Hamidsyukrie ZM, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram, Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).