Pelatihan Pembuatan Preparat Kromosom Dan Peyusunan Karyotipe di Fakultas Mipa Program Studi Biologi Universitas Islam Al-Azhar Mataram

Autor(s): I Gde Mertha, Syamsul Bahri, Lalu Zulkifli, Agus Ramdani, Nur Lestari
DOI: 10.29303/jpmpi.v2i1.358

Sari

Abstract: Dalam upaya meningkatkan mutu penelitian dan pembelajaran genetika dan sitotaksonomi di perguruan tinggi diperlukan keterampilan teknik pembuatan sediaan kromosom. Sediaan kromososm tahap metafase yang menunjukkan bentuk morfologi yang jelas dan tersebar dengan baik (tidak tumpang tindih) sangat diperlukan dalam pembuatan karyotipe. Untuk mendapatkan gambaran kromosom tersebut diperlukan latihan yang intensif dalam preparasinya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan teknik pembuatan preparat untuk pengamatan bentuk morfologi kromosom yang tersebar dengan baik dan teknik penyusunan karyotipe dalam bentuk karyogram dan idiogram di Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Penyampaian materi pelatihan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan unjuk kerja berupa kegiatan praktek pembuatan preparat kromosom tahap metafase dengan perlakuan kolkisin, serta penyusunan karyotipe yang disajikan dalam bentuk karyogram dan idiogram. Berdasarkan hasil pengamatan selama pelatihan berlangsung dapat disimpulkan hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu: (1) Kegiatan pelatihan pembuatan preparat untuk pengamatan morfologi bentuk kromosom dan penyusunan karyotipe direspon positif oleh peseta pelatihan sebagai keterampilan yang sangat bermanfaat untuk menunjang kualitas pengajaran dan penelitian, (2) Minat yang tinggi peserta pelatihan dalam mengikuti praktikum meningkatkan kemampuan mikroteknik preparasi kromosom yang sangat berharga bagi pengembangan ilmu yang didalami dan penelitiannya, (3) Penuntun praktikum mikroteknik pembuatan sediaan untuk pengamatan morfologi bentuk kromosom yang telah disusun tim pengabdian dapat menjadi acuan ilmiah peserta pelatihan dalam praktikum dan penelitian.

 

Kata Kunci: Kromosom; Preparat Squash; Karyotype; Idiogram

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Jones, R.N. dan C.K. Rickards. 1991. Practical Genetics. John Wiley & Sons, New York.

Mertha, I.G. 2001. Karyotipe Murraya exotica L. dan Murraya paniculata (L.) Jack. di Jawa Sebagai Bukti Taksonomi. Tesis S-2 Program Pasca Sarjana, Univerrsitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Radford, A.E., W.C. Dickison, J.R. Massey, dan C.R. Bell. 1974. Vascular Plant Systematics. Harper & Row Publishers, New York.

Rieger, R., A. Michaelis, dan M.M. Green. 1991. Glossary of Genetics – Clasical and Molecular. 5th ed. Springer-verlag, Berlin Heiddelberg.

Setiadi, D. Teknik-Teknik Pengujian Efek Produk Alam Terhadap Fertilitas Hewan. Laporan Kegiatan Tidak Bergelar. Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram.

Singh, R.J. 1993. Plant Cytogenetic. CRC Press, London.

Suryo, 1996. Genetika. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.