Pelatihan Pembuatan Preparat Kromosom Dan Peyusunan Karyotipe di Fakultas Mipa Program Studi Biologi Universitas Islam Al-Azhar Mataram

Penulis

I Gde Mertha , Syamsul Bahri , Lalu Zulkifli , Agus Ramdani , Nur Lestari

DOI:

10.29303/jpmpi.v2i1.358

Diterbitkan:

2020-01-06

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mertha, I. G., Bahri, S., Zulkifli, L., Ramdani, A., & Lestari, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Preparat Kromosom Dan Peyusunan Karyotipe di Fakultas Mipa Program Studi Biologi Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.358

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract: Dalam upaya meningkatkan mutu penelitian dan pembelajaran genetika dan sitotaksonomi di perguruan tinggi diperlukan keterampilan teknik pembuatan sediaan kromosom. Sediaan kromososm tahap metafase yang menunjukkan bentuk morfologi yang jelas dan tersebar dengan baik (tidak tumpang tindih) sangat diperlukan dalam pembuatan karyotipe. Untuk mendapatkan gambaran kromosom tersebut diperlukan latihan yang intensif dalam preparasinya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan teknik pembuatan preparat untuk pengamatan bentuk morfologi kromosom yang tersebar dengan baik dan teknik penyusunan karyotipe dalam bentuk karyogram dan idiogram di Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Penyampaian materi pelatihan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan unjuk kerja berupa kegiatan praktek pembuatan preparat kromosom tahap metafase dengan perlakuan kolkisin, serta penyusunan karyotipe yang disajikan dalam bentuk karyogram dan idiogram. Berdasarkan hasil pengamatan selama pelatihan berlangsung dapat disimpulkan hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu: (1) Kegiatan pelatihan pembuatan preparat untuk pengamatan morfologi bentuk kromosom dan penyusunan karyotipe direspon positif oleh peseta pelatihan sebagai keterampilan yang sangat bermanfaat untuk menunjang kualitas pengajaran dan penelitian, (2) Minat yang tinggi peserta pelatihan dalam mengikuti praktikum meningkatkan kemampuan mikroteknik preparasi kromosom yang sangat berharga bagi pengembangan ilmu yang didalami dan penelitiannya, (3) Penuntun praktikum mikroteknik pembuatan sediaan untuk pengamatan morfologi bentuk kromosom yang telah disusun tim pengabdian dapat menjadi acuan ilmiah peserta pelatihan dalam praktikum dan penelitian.

 

Kata Kunci: Kromosom; Preparat Squash; Karyotype; Idiogram

Referensi

Jones, R.N. dan C.K. Rickards. 1991. Practical Genetics. John Wiley & Sons, New York.

Mertha, I.G. 2001. Karyotipe Murraya exotica L. dan Murraya paniculata (L.) Jack. di Jawa Sebagai Bukti Taksonomi. Tesis S-2 Program Pasca Sarjana, Univerrsitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Radford, A.E., W.C. Dickison, J.R. Massey, dan C.R. Bell. 1974. Vascular Plant Systematics. Harper & Row Publishers, New York.

Rieger, R., A. Michaelis, dan M.M. Green. 1991. Glossary of Genetics – Clasical and Molecular. 5th ed. Springer-verlag, Berlin Heiddelberg.

Setiadi, D. Teknik-Teknik Pengujian Efek Produk Alam Terhadap Fertilitas Hewan. Laporan Kegiatan Tidak Bergelar. Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram.

Singh, R.J. 1993. Plant Cytogenetic. CRC Press, London.

Suryo, 1996. Genetika. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Biografi Penulis

I Gde Mertha, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Syamsul Bahri, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Lalu Zulkifli, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Agus Ramdani, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Nur Lestari, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).