Edukasi dan Pelayanan Kesehatan Jiwa di RS Prof. Mulyanto Universitas Mataram

Autor(s): Emmy Amalia, Agustine Mahardika, Sigit Kusdaryono
DOI: 10.29303/jpmpi.v2i1.360

Sari

Abstract: Gangguan jiwa adalah salah satu penyakit medis yang banyak dijumpai pada masyarakat Indonesia, termasuk di Provinsi NTB. Namun pengetahuan masyarakat akan gangguan jiwa masih sangat rendah. Hal ini terkait stigma terhadap gangguan jiwa itu sendiri, dan kurangnya tenaga kesehatan jiwa di Indonesia. Dahulu, penanganan gangguan jiwa lebih dipusatkan pada Rumah Sakit Jiwa yang sarana dan prasarananya juga terbatas. Oleh sebab itu, penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang kesehatan jiwa dan melaksanakan pelayanan kesehatan jiwa di rumah sakit umum di Provinsi NTB. Provinsi NTB merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan angka gangguan jiwa terbanyak. Kasus pasung terhadap gangguan jiwa berat juga masih umum dijumpai. Pengetahuan masyarakat yang kurang terhadap gangguan jiwa, adanya stigma, mitos yang salah, dan kurangnya tenaga kesehatan jiwa, membuat banyak kasus gangguan jiwa di Provinsi NTB tidak tertangani dengan baik. Dengan dibukanya edukasi dan pelayanan kesehatan jiwa di RS Prof. Mulyanto Universitas Mataram, diharapkan dapat menambah penegtahuan masyarakat dan menambah cakupan layanan kesehatan jiwa di Provinsi NTB. Kegiatan ini terdiri atas dua aktivitas. Pertama pemberian materi tentang kesehatan jiwa pada pasien-pasien di instalasi rawat jalan RS Prof. Mulyanto Universitas Mataram. Kegiatan ini dilakukan secara berkala setiap minggu bergantian antar anggota tim PPM selama bulan Mei-Agustus 2019. Selanjutnya juga dibuka layanan rawat jalan kesehatan jiwa (psikiatri), dimana masyarakat yang ingin berobat terkait gangguan jiwa yang dialaminya atau masyarakat yang ingin mengetahui (skrining) apakah dirinya mengalami gangguan jiwa atau tidak, dapat berkonsultasi dan ditangani oleh dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater).

 

Kata Kunci: Edukasi; Pelayanan; Kesehatan Jiwa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aryawangsa, A, A, N., Ariastuti, L, N, P. (2016), Prevalensi dan Distribusi Faktor Risiko Depresi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tampaksiring 1 Kabupaten Gianyar Bali 2015. Intisari Sains Medis. Vol. 7, No. 1. Available at: (Accessed 10 Januari 2019).

Badan Artritis Australia. (2011), Arthritis, Anxiety, and Depression. Available at: (Accessed 10 Januari 2019).

Chalise, H, N. (2014), Depression Among Elderly Living in Briddashram (Old Age Home). Vol. 3, No. 1. Available at: (Accessed 10 April 2018).

Chen, Y., & Feeley, T, H. (2014), Social Support, Social Strain, Loneliness, and Well Being Among Older Adults: An Analysis of The Health and Retirement Study. Journal of Social and Personal Relationships. (Accessed 10 Januari 2019).

Amalia, E., Arum L, I., & Kusdaryono, S. (2019). Training of Trainer (TOT) Dukungan Psikologis dan Self Empowerment Paska Bencana Bagi Staf dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). doi:https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.305

Amalia, E., Nurbaiti, L., Affarah, W., & Kadriyan, H. (2019). Skrining dan Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa SMA Negeri Di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). doi:https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.245

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.