Pelatihan Penyusunan Penulisan Karya Ilmiah (PTK) di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Bermi Desa Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat

Penulis

Fahruddin Fahruddin , Sudirman Sudirman , A Hari Witono , Mansur Hakim

DOI:

10.29303/jpmpi.v2i2.366

Diterbitkan:

2020-01-07

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fahruddin, F., Sudirman, S., Witono, A. H., & Hakim, M. (2020). Pelatihan Penyusunan Penulisan Karya Ilmiah (PTK) di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Bermi Desa Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i2.366

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat pada kegiatan ini adalah memberikan wawasan pengetahuan tentang penulisan karya ilmiah PTK di Pondok pesantren Darussalam Bermi Desa Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok barat. Pelatihan pengabdian ini tujuannya adalah memberikan pelatihan dan mendampingi para guru dalam menulis karya ilmiah penelitian tindakan kelas secara benar dan mendampingi guru dalam prosedur penulisan karya ilmiah dalam jurnal. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah, diskusi dan praktik. Metode ceramah untuk menyampaikan tentang penulisan karya ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas dan prosedur penulisan karya ilmiah dalam jurnal. Sedangkan metode praktik untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta untuk membuat laporan tulisan karya ilmiah untuk bisa di Publikasikan di jurnal. Hasil kegiatan pengabdian di pondok pesantren Darussalam Bermi menunjukkan bahwa guru-guru tersebut antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan penyusunan penulisan karya ilmiah (PTK), sehingga guru-guru yang ada di ponpes tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun proposal dan juga bisa membuat draf karya ilmiah untuk bisa di publikasikan.

 

Kata Kunci: Pelatihan; Penulisan Karya Ilmiah; Penelitian Tinddakan Kelas (PTK).

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional, (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen Jakrta: Depdiknas

Fahruddin, F., & Astini, B. (2018). Pelatihan Program Parenting untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). doi:https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.206

Gulo, W. (2006). Strategi Belajar-Mengajar. Penerbit PT Grasindo, Jakarta.

Mulyasa, (2005). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Wildan. (2007). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Kepribadian dan Sosial. Bahan Lokakarya Kompetensi Guru, FKIP UNRAM Mei 2007.

Biografi Penulis

Fahruddin Fahruddin, Prodi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas, Indonesia

Sudirman Sudirman, Prodi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas, Indonesia

A Hari Witono, Prodi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas, Indonesia

Mansur Hakim, Prodi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas, Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).