Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Pengolahan Sampah Sebagai Kompos di Kelurahan Dasan Geres Lombok Timur

Autor(s): Arben Virgota, Baiq Farista, Dining Aidil Candri, Hilman Ahyadi, Ahmad Jupri
DOI: 10.29303/jpmpi.v2i2.376

Sari

Abstract: Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah mengolah sampah menjadi kompos agar dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan memberikan nilai ekonomis sampah kota organik melalui penjualan kompos yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: Ceramah, diskusi, pelatihan, praktek dan pendampingan. Ceramah dan diskusi dilaksanakan untuk penyampaian materi secara langsung pada masyarakat oleh narasumber yang kompeten dibidangnya sesuai kebutuhan. Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang: Pengolahan sampah organik untuk pembuatan kompos/pupuk organik, dan pemanfaatan kompos untuk media budidaya taman vertikutur. Pelatihan dan Praktek dilaksanakan untuk ketrampilan masyarakat : Pengolahan sampah organik sebagai bahan dasar pembuatan kompos, sehingga masyarakat dapat membuat pupuk organik sendiri. Pendampingan dilaksanakan dalam rangka memotivasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, memanfaatkan sampah organik sebagai kompos,  sehingga lingkungan permukiman menjadi bersih dan indah. Simpulan dari program pengabdian ini adalah masyarakat Dasan Geres, Lombok Timur dapat mengolah sampah organik untuk dijadikan sebagai pupuk kompos. Pengolahan sampah sebagai kompos sangat mudah dilakukan oleh masyarakat secara mandiri, tidak membutuhkan biaya yang besar, namun sangat mendukung upaya menjaga kebersihan lingkungan. Komitmen masyarakat untuk melanjutkan upaya pengembangan program ini sangat memungkinkan untuk mewujudkan Dasan Geres yang sehat dan indah di kemudian hari.

 

Keywords: Kapasitas Masyarakat; Pengelolaan Sampah; Kompos.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dwiyanto BM. 2011. Model Peningkatan Partisipasi Masyarakat dan Penguatan Sinergi dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 2(2011):239-256.

Puspitawati Y, Rahdriawan M. 2012. Kajian Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kelurahan Larangan Kota Cirebon. Pembangunan Wilayah dan Kota. 8 (4): 349‐359.

Saptoadi, Harwin. 2001. Utilization Of Organic Matter From Municipal Solid Waste In Compost Industries.Jurnal Manusia Dan Lingkungan, Vol.VIII, Desember, Hal 119 – 129.

Subekti S. 2009. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat. [Internet] [Diunduh pada 20 Desember 2017]. Tersedia pada http://www.scribd.com/doc/19229978/tulisan-bektihadini.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.