Pelatihan Pendampingan Kelas Mika (Milenial Berkarakter) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Memanfaatkan Barang Bekas

Penulis

Emilda Prasiska , Herlina Apriani , Antoni Pardede

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.442

Diterbitkan:

2020-09-28

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Kelas Mika, Milenial Berkarakter, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Barang Bekas

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Prasiska, E., Apriani, H., & Pardede, A. (2020). Pelatihan Pendampingan Kelas Mika (Milenial Berkarakter) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Memanfaatkan Barang Bekas. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.442

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Rendahnya kepedulian masyarakat dalam kegiatan mengelola sampah di lingkungan sekitar merupakan salah satu bentuk kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan. Perlu dilakukan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan  kesadaran untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan sedini mungkin kepada siswa. Pendidikan karakter peduli lingkungan yang ditanamkan kepada siswa diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap cara berpikir dan perilaku siswa dalam menjaga lingkungan sekitar. Memanfaatkan barang bekas merupakan salah satu cara dalam mengelola sampah. Pelaksana melakukan pengabdian kepada masyarakat di SDN Kebun Bunga 9 Banjarmasin untuk memberikan pelatihan pendampingan kelas mika (milenial berkarakter) untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan barang bekas. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Hasil kinerja siswa dalam membuat tempat pensil dari botol bekas rata-rata memiliki skor sebesar 3.4 dengan kategori baik. Selain menambah wawasan siswa tentang pendidikan karakter peduli lingkungan kegiatan ini juga memberikan bekal keterampilan kepada siswa untuk membuat produk kreatif dalam memanfaatkan barang bekas.

Referensi

Prasiska, Emilda. 2018. Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Biologi Di Sma Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Prosiding Hasil-Hasil Penelitian Tahun 2018 ISBN : 978-602-52531-1-9 Dosen-Dosen Universitas Islam Kalimantan, Mei 2018. http://ppj.uniska-bjm.ac.id/wp-content/uploads/2018/09/4-FKIP-128-177-6.pdf Diakses pada tanggal 19 September 2019.

Statistik Lingkungan Hidup Indonesia, 2018. Pengelolaan Sampah di Indonesia. Badan Pusat Statistik : Jakarta.

Ulya, Ekadina Dzawil. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Pembuatan Reusable Bag Untuk Melatih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dalam Melakukan Diet Plastik. Prosiding Seminar Nasional dan Internasional. UNIMUS; Semarang. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2346/2320 Diakses pada tanggal 19 September 2019.

Wiharyanti, Deny. 2016. Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah Anorganik Menjadi Kerajinan Di Gugus Depan 03.061-03.062 Smp Negeri 13 Semarang. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Semarang. https://lib.unnes.ac.id/27496/1/3301412031.pdf Diakses pada tanggal 20 September 2019

Zaenuddin, Ahmad. 2017. Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV MIN Bener Purworejo.Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/29384/1/1520421002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Diakses pada 20 September 2019.

Biografi Penulis

Emilda Prasiska, Program studi pendidikan kimia Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

-

Herlina Apriani, Program studi pendidikan kimia Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Antoni Pardede, Program studi pendidikan kimia Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).