Sosialisasi Penangulangan Sampah Melalui Pendekatan Zero Waste di Kawasan Wisata Savana Propok Lombok Timur

Autor(s): I Gde Mertha, Handre Rizkiawan, Ari Satriadi, Pandu Susilo Waskito
DOI: 10.29303/jpmpi.v3i1.449

Sari

Savana Propok merupakan salah satu destinasi wisata yang berada pada area pegunungan di kawasan Rinjani yang dikelola sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).  Untuk menjaga wisata tersebut tetap terjaga kelestarian alamnya dari pencemaran akibat sampah yang dibawa wisatawan, maka perlu diadakan sosialisasi zero waste. Tujuan sosialisasi yaitu untuk memberikan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya menjaga kebersihan kawasan wisata baik di area hutan, jalur pendakian,maupun di area Savana Propok tempat camping. Metode yang digunakan untuk sosialisasi zero waste kepada wisatawan yaitu dengan direct selling dan face to face. Setiap kelompok wisatawan  diberikan penjelasan pada  saat mendaki agar tidak membawa makanan dan minuman yang berpotensi menjadi sampah dan  membawa turun sampah bawaannya. Untuk memastikan program zero waste ini berjalan, pada hari-hari berikutnya dilakukan pemantauan dan pendataan dengan memeriksa barang bawaan dari beberapa kelompok wisataran yang telah diberikan sosialisasi untuk memastikan materi yang telah disosialisasikan dapat diterima atau diterapkan oleh wisatawan yang akan kembali ke Savana Propok. Berdasarkan hasil pengamatan dan pendataan dapat ditarik kesimpulan: (1) Penanggulangan sampah melalui sosialisasi zero waste secara intensif dan monitoring di kawasan wisata Savana Propok berhasil membina wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan dan kesadaran untuk kembali membawa sampah turun gunung; (2) Sosialisasi melalui pendekatan zero waste berhasil mempengaruhi pola pikir wisatawan terhadap sampah dengan merubah gaya hidup konsumtif dengan menolak penggunaan logistik sekali pakai yang berpotensi menjadi sampah.

 

Kata Kunci:  Zero waste; sosialisasi; sampah; savana propok.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Taufan. (2019). Arah Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di NTB Tahun 2019. kicknews.today. Mataram.

Kristianto, B. (2015). Penguatan Sumber Daya Manusia Pariwisata Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dalam Persiapan Sektor Pariwisata Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Editor oleh: Agus Syarif Hidayat. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Pusat Penelitian Ekonomi. LIPI Press. Jakarta.

Nirmala, S. (2017). Zero Waste Adventure. Ekspedisi Nol Sampah.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. (2015). Statistik Kepariwistataan 2015 jogja istimewa. www.visitingjogja.com. Yogyakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.