Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19

Penulis

Aini Aini , Made Sriasih

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.466

Diterbitkan:

2020-11-30

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Pengetahuan, Virus Corona, Cuci tangan, Pabrik, Nusa Tenggara Barat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aini, A., & Sriasih, M. (2020). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.466

Abstrak

Pemerintah provinsi NTB pada bulan Maret 2020 menyatakan bahwa penyebaran virus Corona telah sampai ke wilayah NTB. Salah satu upaya dalam pencegahan penyebaran virus Corona masuk ke dalam tubuh kita adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dengan mencuci tangan dengan baik  menggunakan sabun maupun cairan antiseptik.  Praktik PHBS terutama di tempat kerja yang melibatkan banyak orang berkumpul sangat perlu untuk diterapkan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membentuk pemahaman masyarakat terutama para karyawan di tempat kerja yaitu di PT. Narmada Awet Muda sebagai salah satu industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terhadap penyebaran virus dan pencegahannya terutama virus Corona. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metoda ceramah, diskusi serta demonstrasi dan diikuti oleh sekitar 200 karyawan pabrik PT. Narmada Awet Muda. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman karyawan meningkat (80.8%) terhadap PHBS dan cara cuci tangan yang baik sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona.

Referensi

Anonim. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan No. 2406 TAHUN 2011 Tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik, 4.

BNPB. (2020a). https://bnpb.go.id/berita/edukasi-berbasis-keluarga-tularkan-kebiasaan-baru-cegah-covid19.

BNPB. (2020b). https://bnpb.go.id/berita/edukasi-virus-corona19-badan-nasional-penanggulangan-bencana.

Permatasari, J., Safitri, D. F., Luthfia, F., & Orlanda, D. (2019). Penyuluhan PHBS Dalam Mewujudkan Masyarakat Dusun Talang Parit Peduli Akan Kesehatan. 1(1), 18–23.

Raksanagara, A., & Raksanagara, A. (2016). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan Yang Penting Pada Tatanan Rumah Tangga di Kota Bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.24198/jsk.v1i1.10340

Tirto.id. (2020). Cara Cuci Tangan dengan 7 Langkah Menurut WHO untuk Cegah Corona. Retrieved from https://tirto.id/cara-cuci-tangan-dengan-7-langkah-menurut-who-untuk-cegah-corona-eLyQ

WHO. (2020). Timeline of WHO’s response to COVID-19. In https://www.who.int/news-room/detail/29-06-2020-covidtimeline.

Biografi Penulis

Aini Aini, Politeknik mEdica Farma Husada Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).