Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Fisika di SMAN 5 Mataram

Susilawati Susilawati, Aris Doyan, Kosim Kosim, Wahyudi Wahyudi, Muhammad Zuhdi, Musanni Musanni, Sri Rahmawati

Sari


Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran fisika melalui kegiatan Lesson Study  di SMAN 5 Mataram. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Secara umum kegiatan pelatihan ini berhasil dan tepat sasaran, karena guru-guru fisika SMAN 5 Mataram yang menjadi peserta merasa mendapatkan bekal tentang cara-cara pengembangan  perangkat pembelajaran dan termotivasi untuk mencoba Lesson Study pada materi fisika lainnya. Selain itu, semua peserta didik sangat antuasias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta kegiatan pelatihan diperoleh data bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena telah memberikan pengalaman kepada guru fisika di SMAN 5 Mataram terutama dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Peserta sangat berharap kegiatan pembinaan tersebut dapat dilaksanakan di waktu yang lain.


Kata Kunci


Pembelajaran Fisika, Lesson Study.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allen, D., Donham, R. dan Tanner, K. 2004. Approaches to Biology Teaching and Learning: Lesson study–Building Communities of Learning Among Educators. Cell Biology Education. (3), 001-007.

Darkasyi, M., Johar, R. dan Ahmad, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Peserta didik dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Peserta didik SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika,(1), 1, 21-34.

Darling, L., Hammond dan Richardson, N. 2009. Research Review/Teacher Learning: What Matters? on How Teachers Learn, (66),5, 46 -53.

Doyan, A., Susilawati, Soeprianto, H. dan Bahri, S. 2018. Pelatihan Olimpiade MIPA Bagi Guru dan Peserta Didik SMA Kesuma Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan, (1), 1, 20 – 23.

Doyan, A, Susilawati, Bahri, S., Muhlis, dan Artayasa, I. P. (2019). Pelatihan Pemantapan Konsep Materi Fisika dan Pengukuran Bagi Guru IPA di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI). (2), 1, 24-27.

Isoda, M. 2007. Japanese Lesson Study in Mathematics, Its impact Diversity and Potential for Education Development. Singapore:World Scientific Publishing C. Pte. Ptd.

Murata, A., Hart, L. dan Alston, A. 2011. Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education. Newyork: Springer.

Perry, R., Lewis, C., Friedkin, S. dan Baker, E. 2009. Teachers’ Knowledge Development During Lesson Study: Impact of Toolkit-Supported Lesson Study on Teachers’ Knowledge of Mathematics for Teaching. Paper presented at AERA. March 24, 2009, San Diego.

Sahidu, H., Gunawan, Kosim dan Rahayu, S. 2018. Penyuluhan Tentang Lesson Study (LS) untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru di MAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. (1), 1, 19-26.

Stepanek, J. 2001. A New View of Professional Development. Northwest Teacher. Spring, (2), 2, 2-5.

Stepanek, J. 2003. Researchers in Every Classroom. Northwest Teacher. Spring. (4), 3, 2-5.

Susilawati, Doyan, A., Taufik, M. dan Zuhdi, M. 2019. Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di SMP Islam Terpadu Putra Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI), (2), 1, 34-36.

Susilawati, Doyan, A. dan Taufik, M. (2019). Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI). (2), 1, 1-5.

Tilaar, R. A. H., Sutjipto dan Handoyo, S. S. 2012. Improving the quality of education in remote areas: The case of the sra program in the elementary schools of Kabupaten Lembata, NTT on NEWSLETTER No. 33 Dec/2012.

Vera, A. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: