Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Fisika di SMAN 5 Mataram

Penulis

Susilawati Susilawati , Aris Doyan , Kosim Kosim , Wahyudi Wahyudi , Muhammad Zuhdi , Musanni Musanni , Sri Rahmawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.506

Diterbitkan:

2020-11-23

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Pembelajaran Fisika, Lesson Study.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Susilawati, S., Doyan, A., Kosim, K., Wahyudi, W., Zuhdi, M., Musanni, M., & Rahmawati, S. (2020). Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Fisika di SMAN 5 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.506

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran fisika melalui kegiatan Lesson Study  di SMAN 5 Mataram. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Secara umum kegiatan pelatihan ini berhasil dan tepat sasaran, karena guru-guru fisika SMAN 5 Mataram yang menjadi peserta merasa mendapatkan bekal tentang cara-cara pengembangan  perangkat pembelajaran dan termotivasi untuk mencoba Lesson Study pada materi fisika lainnya. Selain itu, semua peserta didik sangat antuasias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta kegiatan pelatihan diperoleh data bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena telah memberikan pengalaman kepada guru fisika di SMAN 5 Mataram terutama dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Peserta sangat berharap kegiatan pembinaan tersebut dapat dilaksanakan di waktu yang lain.

Referensi

Allen, D., Donham, R. dan Tanner, K. 2004. Approaches to Biology Teaching and Learning: Lesson study–Building Communities of Learning Among Educators. Cell Biology Education. (3), 001-007.

Darkasyi, M., Johar, R. dan Ahmad, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Peserta didik dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Peserta didik SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika,(1), 1, 21-34.

Darling, L., Hammond dan Richardson, N. 2009. Research Review/Teacher Learning: What Matters? on How Teachers Learn, (66),5, 46 -53.

Doyan, A., Susilawati, Soeprianto, H. dan Bahri, S. 2018. Pelatihan Olimpiade MIPA Bagi Guru dan Peserta Didik SMA Kesuma Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan, (1), 1, 20 – 23.

Doyan, A, Susilawati, Bahri, S., Muhlis, dan Artayasa, I. P. (2019). Pelatihan Pemantapan Konsep Materi Fisika dan Pengukuran Bagi Guru IPA di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI). (2), 1, 24-27.

Isoda, M. 2007. Japanese Lesson Study in Mathematics, Its impact Diversity and Potential for Education Development. Singapore:World Scientific Publishing C. Pte. Ptd.

Murata, A., Hart, L. dan Alston, A. 2011. Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education. Newyork: Springer.

Perry, R., Lewis, C., Friedkin, S. dan Baker, E. 2009. Teachers’ Knowledge Development During Lesson Study: Impact of Toolkit-Supported Lesson Study on Teachers’ Knowledge of Mathematics for Teaching. Paper presented at AERA. March 24, 2009, San Diego.

Sahidu, H., Gunawan, Kosim dan Rahayu, S. 2018. Penyuluhan Tentang Lesson Study (LS) untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru di MAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. (1), 1, 19-26.

Stepanek, J. 2001. A New View of Professional Development. Northwest Teacher. Spring, (2), 2, 2-5.

Stepanek, J. 2003. Researchers in Every Classroom. Northwest Teacher. Spring. (4), 3, 2-5.

Susilawati, Doyan, A., Taufik, M. dan Zuhdi, M. 2019. Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di SMP Islam Terpadu Putra Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI), (2), 1, 34-36.

Susilawati, Doyan, A. dan Taufik, M. (2019). Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI). (2), 1, 1-5.

Tilaar, R. A. H., Sutjipto dan Handoyo, S. S. 2012. Improving the quality of education in remote areas: The case of the sra program in the elementary schools of Kabupaten Lembata, NTT on NEWSLETTER No. 33 Dec/2012.

Vera, A. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Biografi Penulis

Susilawati Susilawati, perempuan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).