Pelatihan Pembuatan Masker peel-off Lidah Buaya (Aloe vera) Untuk Mengatasi Efek Sunburn

Penulis

Windah Anugrah Subaidah , Wahida Hajrin , Yohanes Juliantoni

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.511

Diterbitkan:

2020-11-24

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Pelatihan, Aloe vera, masker peel off, sunburn

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Subaidah, W. A., Hajrin, W., & Juliantoni, Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Masker peel-off Lidah Buaya (Aloe vera) Untuk Mengatasi Efek Sunburn. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.511

Abstrak

Tingginya angka pengangguran di kota Mataram diantaranya kurangnya pendidikan dan keterampilan dari tenaga kerja. Lulusan SMA membutuhkan keterampilan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran. Salah satu peluang wirausaha adalah dengan membuat masker peel off lidah buaya (Aloe vera). Hal ini dilatar belakangi oleh intensitas matahari yang tinggi didaerah Indonesia yang cenderung menimbulkan efek negatif pada kulit terutama sunburn. Bahan baku lidah buaya yang mudah diperoleh dan mempunyai aktivitas sebagai antiinflamasi dari sunburn. Metode pelaksanaan pengabdian untuk memecahkan masalah mitra siswa SMAIT Anak Sholeh Mataram terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdiaan menunjukkan bahwa peserta memberikan tanggapan yakni peserta merasa pelatihan ini bermanfaat, proses pembuatan sediaan mudah dan pesesrta akan membuat masker lidah buaya. Tanggapan lainnya yakni penyajian materi menarik, materi yang disajikan mudah dipahami dan secara umum peserta puas terhadap kegiatan pengabdian masyarakat pembuatan masker lidah buaya ini

Referensi

Badan Pusat Statistik Kota Mataram. (2019). Statistik Ketenagakerjaan Kota Mataram. Mataram: CC. Maharani.

Bhuvana, K. B., Hema, N. G., & Patil, R. T. (2014). Review on aloe vera. International Journal of Advanced Research, 2(3), 677–691.

Geraldine, F. H., Anthony, I., Andrew, R., McGee., R. (2017). Unintended Sunburn: A Potential Target for Sun Protection Messages. Journal of Skin Cancer.

Hendradi, E., Chasanah, U., Indriani, T., Fionnayuristy, F. (2013) Pengaruh Gliserin Dan Propilenglikol Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia dan SPF Sediaan Krim Tipe O/W Ekstrak Biji Kakao (Theobroma cacao L.) (Kadar Ekstrak Kakao 10%, 15% dan 20%). PharmaScientia. 02(01)

Hekmatpou, D. (2019). The Effect of Aloe Vera Clinical Trials on Prevention and Healing of Skin Wound : A Systematic Review. Iran J Med Science, 44(1).

Jama Patient. (2015). Suntan and Sunburn. https://doi.org/10.1001/jama.2015.8045.Sources

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi Dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengaha (2019). Indonesia.

Rigano, L. (2014). Formulating Facial Masks. Cosmetics and Toiltries.

Rowe, R.C., Sheskey, P.J., Quinn, M. (2009). Handbook of Pharmaceutical Excipients. Fifth Edition. Pharmaceutical Press and American Pharmacist Association : Washington DC.

Sari, R., Nurbaeti, S.N., Pratiwi, L. (2016). Optimasi Kombinasi Karbopol 940 dan HPMC Terhadap Sifat Fisik Gel Ekstrak dan Fraksi Metanol Daun Kesum (Polygonum minus Huds.) dengan metode Simplex Lattice Design. Pharmaceutical Sciences & Research. 3(2).

Septiadi, D., Nanlohy, P., Souissa, M., & Rumlawang, F. Y. (2009). Proyeksi PotensiEnergi Surya Sebagai Energi Terbarukan (Studi Wilayah Ambon dan Sekitarnya). Jurnal Meteorologi Dan Geofisika, 10(1), 22–28.

Subaidah, W.A., Hajrin, W., Juliantoni, H. (2020). Formulasi dan Evaluasi Sifat Fisik Lotion Ekstrak Etanol Daun Kemuning (Murraya paiculata (L) Jack) dan Daun Lidah Buaya (Aloe vera Linn). Sasambo Journal of Pharmacy, 1(1), 12-16.

Suh, K., Roh, H., Choi, S., Jeon, Y., Doh, K., Bae, J., & Kim, S. (2007). Long-term evaluation of erythema and pigmentation induced by ultraviolet radiations of different wavelengths. Skin Res Technology, 13(2).

Sunnah, I., Mulasih, S.W., Erwiyani, A.R. (2018). Optimasi Formula Dan Stabilitas Senyawa Metabolit Ekstrak Biji Labu Kuning (Cucurbita maxima) Dalam Sediaan Gel Masker Peel –Off. Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product. 01 (02).

Wilson, B. D., Moon, S., & Armstrong, F. (2012). Comprehensive Review of Ultraof Ultraviolet Radiation and the, 5(9), 18–23.

Biografi Penulis

Windah Anugrah Subaidah, Universitas Mataram

Yohanes Juliantoni, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).