Diseminasi Teknologi Pembuatan Abon yang Berbasis Daging Ayam Petelur Afkir

Penulis

Bulkaini Bulkaini , B.R.D. Wulandari , Djoko Kisworo , Sukirno Sukirno , Wahid Yulianto

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.516

Diterbitkan:

2020-12-01

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Abon, Daging Ayam Afkir, Jiwa Enterpreneur

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Bulkaini, B., Wulandari, B., Kisworo, D., Sukirno, S., & Yulianto, W. (2020). Diseminasi Teknologi Pembuatan Abon yang Berbasis Daging Ayam Petelur Afkir. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.516

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abon merupakan salah satu produk olahan yang sudah terkenal dimasyarakat dengan tingkat penerimaan yang tinggi. Bahan baku utama pembuatan abon adalah daging sapi dan berbagai jenis daging lainya misalnya daging ayam petelur afkir. Daging ayam petelur afkir tergolong daging yang alot, sehingga untuk meningkatkan keempukannya perlu dilakukan pengolahan menjadi bentuk lain misalnya diolah menjadi abon. Kegiatan pengabdian dilakukan di Desa Bajur Kecamatan Labuapi Lombok Barat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK Desa Bajur dalam membuat abon daging serta menumbuhkan jiwa enterpreneur dalam usaha pembuatan abon. Tingkat pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK yang masih rendah serta belum terbentuknya jiwa enterpreneur yang dianggap sebagai permasalahan selama ini dapat diatasi melalui kegiatan pelatihan pembuatan abon dengan Metode action reseach, metode pendampingan dan diseminasi teknologi yang dilaksanakan secara persuasive. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan suatu produk berupa abon yang berbasis daging ayam petelur afkir dengan kandungan nilai gizi yang telah memenuhi ketentuan SNI:  kadar air 14,33%, protein 20,34%, lemak 28,98%, dan abu  5,17% dengan nilai protein terlarut 0,11 %, sedangkan menurut  SNI nilai gizi abon daging sapi dan daging jenis lainnya yaitu kadar air sebesar 7%, protein  15%,  lemak 30%, dan kadar abu sebesar 7%. Secara keseluruhan hasil capaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah tingkat pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK dalam membuat abon meningkat sebesar 90%.

Referensi

Bulkaini,Hosin, Burhan dan A.Multazam., 2017. Pengaruh Penambahan Berbagai Bahan Pangan Fungsional Terhadap Kualitas Fisik Dan Kimia Abon Yang Berbasis Daging Sapi Kualitas Rendah. Laporan Penelitian Program Vokasi UNRAM Kampus Bima.

Bulkaini . 2018. Wawancara Langsung dengan Pelaku Hom Industri Pembuatan Abon se Kota Mataram.

Bulkaini, Dj.Kisworo, B.R.D. Wulandari, Sukirno dan Wahid Yulianto. 2019. Aktivitas Antioksidan, Sifat Fisik dan Kimia Abon Daging Ayam Petelur Afkir Dengan Perendaman Larutan Kulit Nanas. Laporan Penelitian. Fakultas Peternakan Universitas Mataram.

Soeparno, 2011. Dasar Teknologi Hasil Ternak. Gajah mada University press. Yogyakarta

Yuwanta. T, 2004. Ilmu Ternak Unggas. Kanisius. Yogyakarta.

Mountney dan Parkhust, 1995. Poultry Products Technology 2ndE. The Evil Publishing Co.,Inc. Westpas.

Biografi Penulis

Bulkaini Bulkaini, perempuan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).