Edukasi Masyarakat Untuk Pengelolaan Sampah di Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Lombok Timur

Ahmad Jupri, Athifah Athifah, Hety Adelya Elys, Baiq Lika Asmarinda, Naufal Atsauri

Sari


Desa Kumbang  Kecamatan  Masbagik Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu desa yang juga memiliki masalah terkait pengelolaan sampah baik itu berupa sampah rumah tangga ataupun sampah industri. Alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan edukasi pada masyarakat tentang cara pengelolaan beraneka macam sampah lingkungan. Tujuan dari program ini adalah untuk untuk meningkatkan mutu dan kualitas desa dengan cara memberikan dan menambah ilmu pengetahuan masyarakat Desa Kumbang dalam pengelolaan sampah untuk menjadi barang yang lebih berguna dan menambah income atau pemasukan ekonomi. Program ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan cara penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari program pemberdayaan masyarakat ini adalah terbentuknya masyarakat berkualitas yang mampu mengelola sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfan, M. 2017. Dampak Tempat Pembuangn Akhir (TPA) Sampah Kebon Kongok Terhadap GangguanKesehatan Masyarakat Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Skripsi : UIN Mataram.

Danim, Sudarman. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV. Pustaka Setia : Bandung.

Donowati, Tjokrokusumo. 2008. Jamur Tiram (Pleoretus ostreatus) untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Rehabilitasi Lingkungan. Jurnal Rekayasa Lingkungan. 4(1) : 53-62.

Hariadi, N., Lilik Setyobudi dan Ellis Nihayati. 2013. Studi Pertumbuhan dan Hasil Produksi Jamur Tiram (Pleoretus ostreatus) pada Media Tumbuh Jerami Padi dan Serbuk Gergaji. Jurnal Produksi Tanaman. 1(1) : 47-53.

Maier, R., Irene Bakisan. Vision Ecobrick Guide Mobilize Imagination and Collaboration to Clean and Green your Home, School and Community Version 2.1. The Creative Commons Attributions Non-commercials. Diakses online : https://www.ecobricks.org/wp-content/uploads/2014/02/Vision-EcoBrick-Guide-2.1.pdf.

Muchtar. 2007. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengembangan Distrik Kajian Kebijakan dan Implementasinya di Provinsi Papua. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.12(2) : 1-10.

Prasetiyo,Wibowo Heru dan Totok Suyanto. 2013. Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Kampung Hijau di Kampung Margorukun Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(1) : 302 -316.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

The World Bank.2012. What a Waste a Global Review of Solid Waste Management. Urban Development and Local Government: Washington, DC USA.

Kurniaty, D.R., dan Mohammad Rizal. 2011. Pemanfaatan Hasil Pengelolaan Sampah Sebagai Alternatif Bahan Bangunan Kontruksi. Jurnal SMARTek. 9 (1) : 47-60.

Widyastuti, Netty dan Donowati Tjokrokusumo. 2008. Aspek Lingkungan sebagai Faktor Penentu Keberhasilan Budidaya Jamur (Pleurotus sp.). Jurnal Teknologi Lingkungan. 9(3) : 287-293.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: