Edukasi Masyarakat Untuk Pengelolaan Sampah di Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Lombok Timur

Penulis

Ahmad Jupri , Athifah Athifah , Hety Adelya Elys , Baiq Lika Asmarinda , Naufal Atsauri

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.521

Diterbitkan:

2020-12-15

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Athifah, A., Elys, H. A., Asmarinda, B. L., & Atsauri, N. (2020). Edukasi Masyarakat Untuk Pengelolaan Sampah di Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.521

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Kumbang  Kecamatan  Masbagik Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu desa yang juga memiliki masalah terkait pengelolaan sampah baik itu berupa sampah rumah tangga ataupun sampah industri. Alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan edukasi pada masyarakat tentang cara pengelolaan beraneka macam sampah lingkungan. Tujuan dari program ini adalah untuk untuk meningkatkan mutu dan kualitas desa dengan cara memberikan dan menambah ilmu pengetahuan masyarakat Desa Kumbang dalam pengelolaan sampah untuk menjadi barang yang lebih berguna dan menambah income atau pemasukan ekonomi. Program ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan cara penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari program pemberdayaan masyarakat ini adalah terbentuknya masyarakat berkualitas yang mampu mengelola sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Referensi

Alfan, M. 2017. Dampak Tempat Pembuangn Akhir (TPA) Sampah Kebon Kongok Terhadap GangguanKesehatan Masyarakat Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Skripsi : UIN Mataram.

Danim, Sudarman. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV. Pustaka Setia : Bandung.

Donowati, Tjokrokusumo. 2008. Jamur Tiram (Pleoretus ostreatus) untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Rehabilitasi Lingkungan. Jurnal Rekayasa Lingkungan. 4(1) : 53-62.

Hariadi, N., Lilik Setyobudi dan Ellis Nihayati. 2013. Studi Pertumbuhan dan Hasil Produksi Jamur Tiram (Pleoretus ostreatus) pada Media Tumbuh Jerami Padi dan Serbuk Gergaji. Jurnal Produksi Tanaman. 1(1) : 47-53.

Maier, R., Irene Bakisan. Vision Ecobrick Guide Mobilize Imagination and Collaboration to Clean and Green your Home, School and Community Version 2.1. The Creative Commons Attributions Non-commercials. Diakses online : https://www.ecobricks.org/wp-content/uploads/2014/02/Vision-EcoBrick-Guide-2.1.pdf.

Muchtar. 2007. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengembangan Distrik Kajian Kebijakan dan Implementasinya di Provinsi Papua. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.12(2) : 1-10.

Prasetiyo,Wibowo Heru dan Totok Suyanto. 2013. Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Kampung Hijau di Kampung Margorukun Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(1) : 302 -316.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

The World Bank.2012. What a Waste a Global Review of Solid Waste Management. Urban Development and Local Government: Washington, DC USA.

Kurniaty, D.R., dan Mohammad Rizal. 2011. Pemanfaatan Hasil Pengelolaan Sampah Sebagai Alternatif Bahan Bangunan Kontruksi. Jurnal SMARTek. 9 (1) : 47-60.

Widyastuti, Netty dan Donowati Tjokrokusumo. 2008. Aspek Lingkungan sebagai Faktor Penentu Keberhasilan Budidaya Jamur (Pleurotus sp.). Jurnal Teknologi Lingkungan. 9(3) : 287-293.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).