Pelatihan Pembuatan Preparat Kromosom Politen Drosophila Melanogaster Pada Guru-Guru Biologi Di Lombok Barat

I Gde Mertha, Ahmad Raksun, Syachruddin AR, Syamsul Bahri

Sari


Genetika sesungguhnya merupakan topik sains yang sangat menarik dan penting untuk diajarkan di sekolah karena berhubungan erat dengan penurunan sifat sehingga menjadi dasar pengembangan ilmu biologi dan ilmu lain yang tekait dengan biologi. Keterbatasan keterampilan guru dalam menyiapkan materi praktikum kromosom merupakan salah satu kendala dalam pembelajaran genetika, sehingga konsep genetika yang disampaikan di kelas belum terintegrasi dengan praktikumnya. Oleh sebab itu teknik pembuatan preparat kromosom dan pengamatannya perlu dikuasai guru-guru biologi. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan praktikum teknik isolasi kelenjar saliva Drosophila melanogaster sebagai sumber kromosom dan pendampingan praktikum preparasi kelenjar tersebut untuk pengamatan kromosom politen. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan unjuk kerja dalam bentuk pendampingan praktik yang dikombinasikan dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan praktik yang telah dilakukan, yaitu (1) Teknik isolasi kelenjar saliva larva instar III D.melanogaster, (2) Teknik preparasi kelenjar saliva untuk pengamatan kromosom politen, (3) Observasi morfologi kromosom politen dibawah mikroskop, (4) Observasi struktur detail kromosom politen (band, interband, dan puff) dibawah mikroskop, dan (5) Dokumentasi morfologi dan struktur detail kromosom politen dibawah mikroskop. Hasil pelatihan  menunjukkan bahwa (1) Pengabdian pada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi guru mitra karena dapat menambah wawasan dan keterampilan dalam pembuatan preparat kromosom politen D. melanogaster, pengamatan morfologi dan struktur detail kromosom politen, dan teknik dokumentasi kromosom dibawah mikroskop, (2) Respon yang tinggi dan ketekunan guru mitra dalam mengikuti pelatihan sangat mendukung keberhasilan praktik pembuatan prepaat squash kelenjar saliva untuk menghasilkan perangkat pembelajaran preparat kromosom politen, dan (3) Preparat kromosm politen yang dihasilakn guru mitra dalam pelatihan dapat digunakan sebagai bahan praktikum untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran genetika di sekolah

Kata Kunci


Preparat Kromosom, Politen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayala, F. J. & Kinger, J. A. 1984. Modern of Genetics. The Benjamin/cummings Publishing Company, Inc. Menlo Prk California.

Corebima, D. 2009. Pengalaman Berupaya menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Genetika pada Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang, Malang, 30 Juli.

Darlington, C.D. dan L. F. La Cour, 1960. The Handling of Chromosomes. George Allen & Unwin Ltd. London.

Fauzi, A. dan A. D. Corebima. 2016. Pemanfaatan Drosophila melanogaster sebagai organisme model dalam mengungkap berbagai fenomena rasio Mendel. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016, ISBN: 978 602 0951 11 9.

Kimball, J.W. 1998. Biologi. Erlangga. Jakarta.

Mertha, I.G., A. Al Idrus, S. Bahri, P. Sedijani, dan D.A.C. Rasmi. 2019. Pelatihan teknik pembuatan preparat squash ujung akar untuk pengamatan kromosom pada guru-guru biologi di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, November 2019, Vol. 2, No. 4: 454 – 459.

Mertha, I.G., S. Bahri, L. Zulkifli, A. Ramdani, dan N. Lestari. 2019. Pelatihan pembuatan preparat kromosom dan peyusunan karyotipe di Fakultas Mipa program studi Biologi Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 2019, (2) 1: 75-78.

Roini, C. 2013. Organisasi konsep genetika pada buku biologi SMA kelas XII. Jurnal EduBio Tropika, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2013: 1-60

Suratsih, V. Henuhili, T. Rahayu, dan M. L. Hidayat. 2009. Pengembangan modul pembelajaran genetika berbasis fenomena lokal. Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2: 165 – 176.

Suryo, 1986. Genetika Manusia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Suryo, 1995. Sitogenetika. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Wolfe, S. L. 1993. Molecular and cellular biology. Wadsworth, Inc. California.

Zhimulev, I.F. dan D.E. Koryakov. 2009. Polytene Chromosomes. Encyclopedia of Life Sciences. John Wiley & Sons, Ltd. Chichester.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.522

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: