Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9-Standar dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0)

Giri Wahyu Wiriasto, Misbahuddin Misbahuddin, Muhamad Syamsu Iqbal, A. Sjamsjiar Rachman, Djul Fikry Budiman, L. Syamsul Irfan Akbar

Sari


Saat ini, penyusunan borang akreditasi sudah diharuskan menggunakan instrumen yang terbaru yang telah disediakan oleh Badan Akreditasi Nasional yang disebut juga Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS4.0). Instrumen ini menggunakan 9-standar atau kriteria dan sangat berbeda dengan instrument akreditasi sebelumnya yang masih menggunakan 7-standar. Pengisian Instrumen ini sangat memerlukan data dukung dari setiap indicator kinerja yang dilaksanakan dan dilaporkan terkait pelaksanaan kegiatan dalam lingkup organisasi Unit Pengelola Program Studi dan Program Studi. Untuk membantu penyusunan proses akreditasi tersebut telah kami siapkan suatu Sistem perangkat lunak berupa Perangkat lunak berbasis online, sehingga data dukung baik itu data LKPSmaupun data LED dapat diunggah kapanpun dan dimanapun tim penyusun IAPS 4.0 bekerja. . Telah tersedia pula pada system perangkat lunak ini simulasi untuk mengukur ketercapaian indicator kinerja prodi. Manfaat lain yang dicapai ialah bagaimana agar proses Akreditasi dapat dipersiapkan secara terukur dan efektif. Sistem perangkat lunak ini telah dikembangkan dan diujicobakan di Prodi Teknik Elektro-Universitas Mataram. Hasilnya, selama uji coba, tim penyusun akreditasi yang terdiri dari para dosen dapat dan masih bekerja secara partisipatif dalam menginput dokumen akreditasi. Hingga saat ini sistem Perangkat lunak ini telah dikembangkan mancapai 100% dan telah di install atau diimlementasikan untuk mendukung IAPS4.0 serta juga dapat melakukan simulasi evaluasi capaian kinerja prodi yang telah berjalan. Sistem atau perangkat lunak ini telah memiliki nilai ekonomis yang menghasilkan revenue generating bagi unit bisnis laboratorium.

 


Kata Kunci


IAPS 4.0; Sistem Informasi Akreditasi IAPS 4.0;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiansyah Riza, Kiswanto, Kusumasari F. Tien, “Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dokumen dan Simulasi Penilaian Akreditasi di Prodi S-1 Sistem Informasi Universitas Telkom”, Jurnal Rekayasa Sistem & Industri Volume 4 Nomor 1 Juni 2017.

Astirin Parama Okid, “Hilirisasi Produk Riset Melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat”. SniemaS UAD ISBN 978-602-0737-07-2, 2018

Flask Development Server , https://flask.palletsprojects.com/en/1.1.x/server/ .

Lampiran-lampiran Peraturan BAN-PT tahun 2019 mengenai Instrumen penyusunan LED (Laporan Evaluasi Diri), Penyusunan LKPS ( Laporan Kinerja Program Studi), Matriks Penilaian Indikator LED, Instrumen Assesment.

Laudon C. Kennet and Laudon P. Jane, Management Information System, Thirteenth Edition, Pearson 2014.

Peraturan BAN-PT Nomor 1 tahun 2020 tentak Juknis APS 4.0

Peraturan BAN-PT Nomor 2 Tahun 2019 tentang Akreditasi Prodi menggunakan IAPS 4.0 Standar 9-Kriteria

Peraturan Mendikbud Nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Prodi-PT

T. Basaruddin, “Akreditasi di Kampus Merdeka”. slide presentasi Direktur BAN-PT tahun 2020.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.523

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: