Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9-Standar dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0)

Penulis

Giri Wahyu Wiriasto , Misbahuddin Misbahuddin , Muhamad Syamsu Iqbal , A. Sjamsjiar Rachman , Djul Fikry Budiman , L. Syamsul Irfan Akbar

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.523

Diterbitkan:

2020-12-15

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

IAPS 4.0, Sistem Informasi Akreditasi IAPS 4.0,

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wiriasto, G. W., Misbahuddin, M., Iqbal, M. S., Rachman, A. S., Budiman, D. F., & Akbar, L. S. I. (2020). Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9-Standar dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.523

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Saat ini, penyusunan borang akreditasi sudah diharuskan menggunakan instrumen yang terbaru yang telah disediakan oleh Badan Akreditasi Nasional yang disebut juga Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS4.0). Instrumen ini menggunakan 9-standar atau kriteria dan sangat berbeda dengan instrument akreditasi sebelumnya yang masih menggunakan 7-standar. Pengisian Instrumen ini sangat memerlukan data dukung dari setiap indicator kinerja yang dilaksanakan dan dilaporkan terkait pelaksanaan kegiatan dalam lingkup organisasi Unit Pengelola Program Studi dan Program Studi. Untuk membantu penyusunan proses akreditasi tersebut telah kami siapkan suatu Sistem perangkat lunak berupa Perangkat lunak berbasis online, sehingga data dukung baik itu data LKPSmaupun data LED dapat diunggah kapanpun dan dimanapun tim penyusun IAPS 4.0 bekerja. . Telah tersedia pula pada system perangkat lunak ini simulasi untuk mengukur ketercapaian indicator kinerja prodi. Manfaat lain yang dicapai ialah bagaimana agar proses Akreditasi dapat dipersiapkan secara terukur dan efektif. Sistem perangkat lunak ini telah dikembangkan dan diujicobakan di Prodi Teknik Elektro-Universitas Mataram. Hasilnya, selama uji coba, tim penyusun akreditasi yang terdiri dari para dosen dapat dan masih bekerja secara partisipatif dalam menginput dokumen akreditasi. Hingga saat ini sistem Perangkat lunak ini telah dikembangkan mancapai 100% dan telah di install atau diimlementasikan untuk mendukung IAPS4.0 serta juga dapat melakukan simulasi evaluasi capaian kinerja prodi yang telah berjalan. Sistem atau perangkat lunak ini telah memiliki nilai ekonomis yang menghasilkan revenue generating bagi unit bisnis laboratorium.

 

Referensi

Agustiansyah Riza, Kiswanto, Kusumasari F. Tien, “Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dokumen dan Simulasi Penilaian Akreditasi di Prodi S-1 Sistem Informasi Universitas Telkomâ€, Jurnal Rekayasa Sistem & Industri Volume 4 Nomor 1 Juni 2017.

Astirin Parama Okid, “Hilirisasi Produk Riset Melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakatâ€. SniemaS UAD ISBN 978-602-0737-07-2, 2018

Flask Development Server , https://flask.palletsprojects.com/en/1.1.x/server/ .

Lampiran-lampiran Peraturan BAN-PT tahun 2019 mengenai Instrumen penyusunan LED (Laporan Evaluasi Diri), Penyusunan LKPS ( Laporan Kinerja Program Studi), Matriks Penilaian Indikator LED, Instrumen Assesment.

Laudon C. Kennet and Laudon P. Jane, Management Information System, Thirteenth Edition, Pearson 2014.

Peraturan BAN-PT Nomor 1 tahun 2020 tentak Juknis APS 4.0

Peraturan BAN-PT Nomor 2 Tahun 2019 tentang Akreditasi Prodi menggunakan IAPS 4.0 Standar 9-Kriteria

Peraturan Mendikbud Nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Prodi-PT

T. Basaruddin, “Akreditasi di Kampus Merdekaâ€. slide presentasi Direktur BAN-PT tahun 2020.

Biografi Penulis

Giri Wahyu Wiriasto, Prodi Teknik Elektro Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).